Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Muhammadiyah di Kudus Salat Iduladha, Khatib: Tak Perlu Poyok-Poyokan

Warga Kudus melaksanakan salat Iduladha di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (9/7/2022). (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Warga Muhammadiyah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melaksanakan salat Iduladha, Sabtu (9/7/2022) pagi. Salah satu tempat pelaksanaan salat Iduladha digelar di Stadion Wergu Wetan, Kudus.

Pengamatan Murianews, jemaah tampak khusyuk mendengarkan khatib, Sigit Mahmudi. Khotib mengajak umat untuk tetap rukun di dalam melaksanakan Iduladha walaupun ada perbedaan pelaksanaan Iduladha antara Muhammadiyah dengan yang ditetapkan pemerintah.

”Sejak zaman rasul perbedaan seperti ini sudah ada. Intinya kalau benar dapat pahala dua, kalau salah dapat pahala satu. Karena ciri orang mukmin harus saling tolong menolong,” katanya, Sabtu (9/7/2022).

Baca: Khotbah Iduladha di Kudus Bikin Adem, Ini Pesan Khatib

Menurutnya, tidak perlu poyok-poyokan (saling mengejek, red). Selain itu tidak perlu mencari perbedaan. ”Yang paling penting itu harus sami’na wa atho’na,” sambungnya.

Perihal perbedaan pelaksanaan Iduladha, menurutnya tidak perlu dibesar-besarkan. Karena setiap golongan punya dasar penentuan masing-masing.

”Serahkan semuanya ke Allah. Kita sebagai umat yang penting salat dengan khusyuk,” imbuhnya.

Baca: Jelang Iduladha, Napi Kedungpane jadi Mualaf

Sementara itu, Hani, salah seorang jemaah juga tidak mempersalahkan perbedaan pelaksanaan Iduladha. Baginya yang terpenting melaksanakan salat dengan khusyuk.

”Yang penting niatnya untuk beribadah. Masalah perbedaan hari pelaksanaan itu kan hanya pilihan,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.