Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

SMA-SMK Negeri Kadung Tarik SPP Semester Kedua 2019, Kadisdikbud Jateng: Wajib Kembalikan!

SMA-SMK Negeri Kadung Tarik SPP Semester Kedua 2019, Kadisdikbud Jateng: Wajib Kembalikan!
Ilustrasi SMAN di Grobogan. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Seluruh SMA-SMK di Jawa Tengah (Jateng) diwajibkan mengembalikan uang SPP semester kedua 2019 siswa yang sudah dibayarkan. Itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Uswatun Hasanah.

Sebagaimana diketahui, sejak Januari 2020, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo telah menggratiskan SPP seluruh SMA-SMK Negeri di Jawa Tengah. Sekolah yang terlanjur menerima pembayaran SPP pada Juli-Desember 2019 dan Januari 2020 pun wajib mengembalikan.

Baca: Tuntut Keadilan, Siswa SMAN 1 Grobogan Minta Duit SPP 2019 Dikembalikan

Menurut Uswatun Hasanah, siswa bisa meminta kembali uang SPP yang telah dibayarkan tersebut. Caranya, dengan menunjukkan bukti pembayaran pada saat itu.

”Iya, dikembalikan seharusnya. Mekanisme langsung ke sekolah bawa bukti pembayaran enam bulan,” tuturnya.

Pernyataan Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Jawa Tengah, Budi Santoso justru berkebalikannya. Pria yang membawahi SMA-SMK di Grobogan dan Blora itu mengatakan sekolahh tidak berkewajiban.

Ia berpendapat, yang terpenting sudah ada laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan uang tersebut.

“Lha duit sudah digunakan, yang penting sudah ada LPJ-nya. Misal sudah dibuat pagar, apa pagarnya mau dibongkar?” kata Budi.

Meski begitu, menurut Budi, siswa yang pada Juli-Desember 2019 itu belum sempat membayar SPP juga tidak boleh ditarik iuran. Sebab, sudah ada aturan gratis SPP tersebut. Budi menampik kemungkinan adanya kecemburuan sosial.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...