Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mobil di Atas 1.500 cc Haram Minum Pertalite

Mobil di Atas 1.500 cc Haram Minum Pertalite
Foto: Ilustrasi isi bensin (Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah bersama dengan PT Pertamina (Persero) terus melakukan pengerucutan untuk membatasi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite.

Apabila sebelumnya mobil yang tidak boleh minum pertalite adalah mobil di atas 2.000 cc, kini diturunkan lagi untuk di atas 1.500 cc.

Direktur Pertamina Nicke Widyawati mengungkap bahwa dalam rapat koordinasi terbatas dengan Menko Perekonomian, hanya mobil di bawah 1.500 cc yang bisa mengkonsumsi Pertalite.

Kalaupun mobil di atas 1.500 cc coba-coba untuk mengisi Pertalite, maka selang nozzle di SPBU tidak akan mengeluarkan BBM tersebut lantaran tak sesuai kriteria.

Baca: Pedagang Bensin Eceran Masih Bisa Jual Pertalite, Ini Caranya

”Kriterianya kan pemerintah yang punya. Jadi kami akan ikuti revisi Perpresnya. Kriteria ada, lalu masuk ke sistem. Misalnya 1.500 cc maka otomatis di atas 1.500 cc nanti otomatis nozzlenya nggak akan keluar,” kata Nicke dikutip CNBC Indonesia, Kamis (7/7/2022).

Pertamina sejak 1 Juli 2022 telah membuka pendaftaran untuk pengguna Pertalite dan solar subsidi. Hal ini untuk membatasi pembelian pertalite dan solar. Selain itu juga agar penyalurannya tepat sasaran.

Baca: SPBU Bacin Kudus Disanksi Pertamina, Warga Bisa Isi Pertalite di SPBU Ini

Karena itu, untuk membeli pertalite pun harus melalui aplikasi  MyPertamina yang sudah tersedia di Play Store.

Sebagai tahap awal, pendaftaran ini diprioritaskan pada pengguna dengan domisili atau berencana berpergian ke wilayah Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasih, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Manado, Kota Yogyakarta, Kota Sukabumi, Kota Solo dan Kota Denpasar.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNBCIndonesia.com

Comments
Loading...