Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bangga! Siswa MA Salafiyah Pati Raih Medali IABO

Bangga! Siswa MA Salafiyah Pati Raih Medali IABO
Siswa MA Salafiyah Kajen, Margoyoso, Ulil Albab, berhasil menggondol medali perunggu dalam ajang Applied Biology Olympiad (IABO). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Siswa MA Salafiyah Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah berhasil membawa pulang medali perunggu di ajang International Applied Biology Olympiad (IABO).

Ialah Ulil Albab, siswa asal Desa Bakaran Wetan, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Ia berhasil membawa oleh-oleh paling berharga dari perlombaan yang digelar di Bali, 30 Juni 2022 – 3 Juli 2022 itu. Ajang IABO sendiri diikuti 204 peserta dari 16 negara.

Kepala MA Salafiyah Kajen, Masrukhan mengatakan, prestasi yang diraih siswanya itu patut dibanggakan. Ia berharap apa yang diraih Ulil bisa memacu semangat siswa lainnya.

Baca: MTs Salafiyah Margoyoso, Sabet Gelar Juara Umum Pentanque di Popda Pati

”Kami memberikan dukungan yang maksimal. Itu sebagai komitmen pengawalan terhadap program percepatan capaian target akademik di level nasional maupun internasional. Seiring dengan komitmen kami menuju madrasah unggulan akademik yang berkualitas,” ungkap dia, Rabu (6/7/2022).

Ia menambahkan, ke depan, MA Salafiyah Kajen terus memacu kegiatan serupa pada mata pelajaran lain. Yakni, mata pelajaran yang jadi kontestasi olimpiade nasional maupun internasional.

Sementara itu, Ulil Albab sangat bersyukur atas pencapaian dan kepercayaan MA Salafiyah Kajen kepadanya, sehingga mau mengikutsertakannya dalam ajang ini.

“Hal ini juga tidak terlepas dari karunia Allah SWT serta banyaknya dukungan, doa, dan harapan yang telah diberikan oleh keluarga, teman, khususnya dari Madrasah. Dari lomba tersebut juga saya jadi memiliki pengalaman dan banyak mendapatkan teman baru,” kata Ulil.

Diketahui, IABO merupakan ajang olimpiade sains. Ajang ini diselenggarakan Indonesian Scienctific Society (ISS) dan bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Kemdikbud.

Pada tahun ini, ajang IABO diikuti 204 peserta dari 16 negara. Dari sejumlah peserta itu kemudian diseleksi secara online pada 25 Mei 2022, dengan membuat esai berbahasa Inggris.

Hasil seleksi, didapatkan 120 peserta dari 10 negara untuk melaju ke babak final dan diadu di Bali pada 30 Juni hingga 3 Juli lalu. Para peserta itu merupakan siswa dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Peru, Kazakhstan, Mexico dan Bangladesh.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...