Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Melihat Panel Surya di SMK NU Ma’arif di Kudus, Bisa Hasilkan Listrik 6.600 VA

Melihat Panel Surya di SMK NU Ma'arif di Kudus, Bisa Hasilkan Listrik 6.600 VA
Foto: Sumarno menunjukkan panel surya tipe Polycrystalline di sekolahannya. (Murianews/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – SMK NU Ma’arif Kudus, Jawa Tengah memiliki panel surya sejumlah 42 panel. Panel surya tersebut mampu menghasilkan tenaga listrik 6600 VA.

Pengamatan Murianews, panel surya bewarna biru itu diletakkan di atap gedung kompetensi teknik instalasi tenaga listrik SMK NU Ma’arif. Panel surya tersebut memiliki tipe Polycrystalline.

Harga satu panelnya itu Rp 2,5 juta. Tiap-tiap panel tersebut mampu menghasilkan 300 watt.

Baca juga: Dibimbing Gurunya, Siswa SDN 1 Boloh Grobogan Sulap Lidah Buaya Jadi Sabun

Guru jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK NU Ma’arif Kudus Sumarno mengatakan, pemasangan panel surya itu sudah dilakukan sejak tahun 2019. Namun, untuk pemanfaatannya baru dilakukan di tahun 2020.

”Saat ini kami gunakan untuk praktik siswa. Selain itu kami gunakan untuk instalasi penerangan bengkel,” katanya, Rabu (6/7/2022).

Perawatan dan pengecekan panel surya rutin dilakukan olehnya. Mulai dari pembersihan debu hingga pengecekan output.

Selain memiliki panel surya, pihaknya juga memiliki berbagai perangkat pendukung. Seperti charger pengisi aki, inverter pengubah arus listrik, dan baterai untuk menyimpan energi listrik DC berkapasitas 100 AH tipe VRLA

”Harapan saya anak-anak dapat memasang dan menginstal panel surya. Sehingga ke depannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...