Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banyak Jalan Rusak di Kudus, Pemerintah Hanya Anggarkan Rp 10 Miliar

Banyak Jalan Rusak di Kudus, Pemerintah Hanya Anggarkan Rp 10 Miliar
Sejumlah pengendara tengah melintasi Jalan Raya Gribig yang rusak beberapa waktu lalu (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Perbaikan dan perawatan jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada tahun ini hanya dianggarkan sebesar Rp 10 miliar. Jumlah anggaran tersebut dibagi untuk tiga bidang, yakni untuk Bidang Bina Marga sebesar Rp 7 miliar, selebihnya untuk Tata Bangunan dan Drainase.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, Arif Budi Siswanto menyampaikan, anggaran tersebut bersumber dari APBD Kudus tahun 2022 ini. diakuinya bahwa anggaran tersebut cukup minim lantaran pemerintah masih merefokusing untuk kebutuhan penanganan Covid-19.

”Sehingga ketika ada jalan-jalan yang butuh perbaikan maupun perawatan, kami belum bisa maksimal memperbaikinya,” kata dia, Rabu (6/7/2022).

Baca: Jalan Rusak di Kudus Ini Tak Akan Diperbaiki Tahun Ini

Karena itu, dengan anggaran yang minim tersebut pihaknya pun akan melakukan skala prioritas untuk perbaikan jalan.

Dia juga mengaku beberapa pekerjaan perbaikan jalan saat ini sudah mulai, karena kerusakannya tersebar di sejumlah ruas jalan yang merupakan perbaikan rutin.

”Kami berharap masyarakat bersabar jika nantinya masih ditemukan jalan rusak dan belum ada perbaikan, tentunya menunggu ketersediaan anggaran,” pungkasnya.

Baca: Jalan Rusak di Kudus Segera Diperbaiki, Segini Dananya

Diketahui, total panjang jalan di Kabupaten Kudus adalah sepanjang 639,261 kilometer.  Dari jumlah itu, sebanyak 52,38 persen jalan dengan kondisi baik, kemudian jalan dengan kondisi sedang sebesar 39 persenan.

Persentase baik dan sedang adalah komponen untuk menentukan jumlah kondisi jalan yang berstatus mantap. Sementara untuk yang rusaknya 7,66 persen.

 

Reporter : Anggara Jiwandhana
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...