Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Australia Berencana Bantu Pembangunan IKN Nusantara

Australia Berencana Bantu Pembangunan IKN Nusantara
Pertemuan antara Konsum Jenderal Australia dan Isran Noor (Antaranews)

MURIANEWS, Makassar – Konsul Jenderal Australia mengungkapkan kesanggupannya untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Bahkan pihaknya sudah menawarkan konsep yang ramah lingkungan.

Hal ini karena Australia dan Kaltim sejak dulu sudah mempunyai hubungan strategis, terutama untuk ekspor pasokan kayu, alat berat, urea dan amonia. Sehingga hubungan keduanya pun hingga saat ini berjalan dengan baik.

”Australia dan Kalimantan Timur telah memiliki hubungan bisnis dan masyarakat yang kuat selama bertahun-tahun. Kami berharap dapat memperdalam hubungan kita lebih erat lagi,” kata Bronwyn Robbins dalam pertemuan dengan Gubernur Kaltim Isran Noor di Balikpapan, dikutip dari Antaranews, Rabu (6/7/2022).

Baca: IKN Nusantara Bakal Usung Konsep Kereta Gantung untuk Mobilitas Ibu Kota

Selain itu, lanjut Robbins, Australia juga siap menawarkan program antisipasi perubahan iklim (climate change). Dia menyampaikan keinginan Pemerintah Australia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese untuk lebih mengeratkan lagi kerja sama Kaltim dan Australia.

Menurutnya, potensi untuk melanjutkan peluang kerja sama di bawah Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) dan program kerja sama ekonominya.

”Kita akan merevitalisasi hubungan perdagangan dan investasi kita demi meningkatkan perekonomian Australia dan Indonesia,” jelas Robbins.

Baca: Jokowi: IKN Nusantara adalah Pintu Gerbang Masa Depan Indonesia

Gubernur Kaltim Isran Noor menyambut baik keinginan Pemerintah Australia untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN hijau berkelanjutan dan peningkatan perdagangan Kaltim dan Australia.

”Kami sangat senang, setuju berat dan terpenting sama-sama untung. Walaupun saya tahu, Australia pasti untung banyak. Tapi lebih penting lagi, ada tindak lanjut setelah pertemuan ini,” tegas Gubernur Isran.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Antaranews

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.