Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dana Cadangan Pilkada 2024 di Pati Dianggarkan Rp 45 Miliar

Dana Cadangan Pilkada 2024 di Pati Dianggarkan Rp 45 Miliar
Wakil Bupati Pati Saiful Arifinketika membacakan naskah penjelasan Bupati Haryanto dalam Rapat Paripurna, Selasa (5/7/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Dana cadangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pati 2024 dianggarkan Rp 45 miliar. Usulan itu diungkapkan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin.

Saat membacakan naskah penjelasan Bupati Pati di Rapat Paripurna dengan agenda pembahasan Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024, Safin mengatakan, penganggarannya nanti dilakukan dalam dua tahun APBD.

”Dana cadangan ditetapkan sebesar Rp 45 miliar. Akan dipenuhi selama 2 tahun APBD. Tahun anggaran 2022 sebesar Rp 10 miliar dan tahun anggaran 2023 sebesar Rp 35 miliar,” ujar lelaki yang akrab disapa Safin, Selasa (5/7/2022).

Baca: Pilkada 2024 Pati Bakal Dianggarkan 80 Miliar

Bila Rp 45 miliar masih kurang Pemkab Pati akan kembali menganggarkan dana cadangan di APBD 2024. Anggaran yang digelontorkan nantinya disesuaikan dengan jumlah kekurangan.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Pati dan Bawaslu Pati mengusulkan kebutuhan dana untuk penyelenggaraan Pilkada sebesar Rp 70 miliar. Dana itu pun hanya bisa digunakan untuk membiayai kegiatan Pilkada 2024 sesuai yang ditetapkan dalam Perda Pembentukan Dana Cadangan.

”Sehingga, kegiatan tahapan persiapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan sebelum Tahun Anggaran 2024 dialokasikan di luar Dana Cadangan,” jelas Safin.

Dana cadangan yang dipersiapkan ini, lanjut Safin, ditempatkan dalam rekening tersendiri. Rekening atas nama Dana Cadangan itu nanti dikelola Pejabat Pengelola Keuangan Daerah dalam bentuk deposito di PT Bank BPD Jateng.

Dijelaskan pula, selama belum digunakan sesuai dengan peruntukannya, dana cadangan ditempatkan dalam portofolio yang memberikan hasil tetap dengan risiko rendah.

Pendapatan bunga atas penempatan deposito tersebut dicatat sebagai lain-lain Pendapatan Asli Daerah Yang Sah dan tidak menambah jumlah dana cadangan.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...