Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Regulasi Miras di Pati Diatur Ulang, Ini Harapan Ketua DPRD

Regulasi Miras di Pati Diatur Ulang, Ini Harapan Ketua DPRD
Rapat Paripurna membahas  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol.  (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Regulasi tentang minuman keras (miras) di Kabupaten Pati, Jawa Tengah diatur ulang. Draft Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol sendiri sudah dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati.

Dalam Rapat Paripurna pembahasan raperda inisiatif Komisi A DPRD Pati itu terungkap jika miras golongan A, B dan C hanya dapat dijual di hotel bintang lima. Itu tertuang dalam Pasal 18 Raperda tersebut.

Untuk diketahui, miras golongan A merupakan minuman yang mengandung alkohol dengan kadar sampai 5%. Kemudian, miras golongan B mengandung lebih 5% alkohol. Sedangkan, miras golongan C memiliki kadar alkohol 20% sampai 55%.

Baca: Perda Miras Pati Diusulkan Direvisi, Kenapa?

Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin mengatakan isi dalam draft tersebut masih bisa berubah. Sebab, saat ini masih proses pembahasan bersama Pemkab Pati.

Ia berpendapat, miras harusnya tak dijual belikan di mana pun di Kabupaten Pati. Baik di hotel bintang lima maupun tempat lainnya.

”Ini baru rancangan. Kalau perlu menurut saya pribadi jangan ada tempat untuk menjual minuman beralkohol. Meskipun itu di hotel bintang lima, harus kami cegah. Tetapi, ini tergantung pembahasan eksekutif dan legislatif. Ini akan kami jadwalkan,” ujar Ali selepas Rapat Paripurna.

Ali khawatir, bila miras masih dijual belikan akan semakin marak penyakit masyarakat dan merusak generasi muda Pati. Ia berharap, aturan baru nanti bisa menjerat distributor miras.

”Ini penting. Agar minuman beralkohol tidak marak. Jangan pengecernya saja yang dijerat, (tapi) distributornya tidak. Ini harus ada regulasi untuk mencegah itu. Jangan sampai minuman beralkohol berkeliaran,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...