Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kesehatan Jemaah Haji Asal Jepara Dipantau

Kesehatan Jemaah Haji Asal Jepara Dipantau
Ilustrasi Jemaah Haji Indonesia saat tiba di Bandara Jeddah (kemenag.go.id)

MURIANEWS, Jepara – Jemaah haji asal Kabupaten Jepara terus dipantau kesehatannya. Itu menyusul cuaca ekstrem yang terjadi di Arab Saudi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, dr Eko Cahyo Puspeno mengatakan, sudah melakukan sejumlah antisipasi karena cuaca ekstrem tersebut. Yaitu dengan mengintensifkan pengecekan kondisi kesehatan para jemaah haji.

”Beberapa waktu lalu kan memang ada beberapa jamaah haji yang mondok (dirawat, red) di sana. Tapi saat ini kondisinya sudah pulih,” kata Eko, Senin (4/6/2022).

Baca: Satu Calon Haji Asal Jepara Wafat di Mekkah

Untuk diketahui, total jemaah haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ada 527 orang. Mereka terbagi menjadi tiga kloter. Di masing-masing kloter tersedia seorang dokter dan perawat.

”Mereka (tenaga kesehatan, red) sehari dua kali mengecek kesehatan jamaah haji. Alhamdulillah sampai sekarang semua kondisinya sehat,” kata Eko.

Sebelumnya, salah satu calon haji asal Desa Bulungan, Kecamatan Pakisaji, Jepara meninggal dunia. Penyebabnya, yang bersangkutan sudah menderita beberapa penyakit.

Bahkan sudah memakai kursi roda saat beribadah. Eko mengatakan, jemaah haji yang wafat itu dimakamkan di Makah.

”Sebelum dimakamkan, semua jemaah haji yang wafat disalatkan di Masjidil Haram,” jelas Eko.

Pihaknya berharap agar para jamaah haji menjaga kesehatan. Mengingat cuaca begitu ekstrem dan rangkaian inti jamaah haji sudah kian dekat.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.