Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab Akun Instagram Dikunci Sementara dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Akun Instagram Dikunci Sementara dan Cara Mengatasinya
Foto: Ilustrasi (Gambar oleh StockSnap dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Instagram adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Melalui Instagram, pengguna bisa mengunggah berbagai foto, video dan story.

Saat menggunakan Instagram terkadang sempat menemui kendala. Misalnya, akun tiba-tiba Instagram terhenti sementara tanpa penjelasan sama sekali.

Hal ini ditandai dengan muncul pesan Your Account Has Been Temporarily Lock yang menyatakan bahwa akun telah dikunci sementara. Tentunya, hal ini cukup mengganggu.

Baca juga: Terganggu dengan Suggest Post di Instagram, Ini Cara Menghapusnya

Melansir dari Gadgetren, sebenarnya Instagram sendiri menyertakan alasan mengapa akun bisa sampai dikunci sementara. Tim Instagram merasa telah mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan di akun Instagram tersebut sehingga melakukan penguncian sementara sebagai bentuk tindakan pencegahan keamanan.

Selain itu, Instagram juga merasa telah tejadi Phising atau akun telah disusupi akibat kamu memasukkan kata sandi di situs yang dirancang terlihat seperti Instagram. Sebenarnya kejadian ini sudah banyak dialami oleh pengguna Instagram, namun biasanya mereka tidak menyadari telah terkena hack.

Sementara itu, pihak Instagram akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi identitas kembali untuk membantu mengamankan akun dan memperbolehkan login secara normal kembali. Sebelum akun kamu dikunci sementara ini, sebaiknya kamu mengenali beberapa alasan yang bisa jadi penyebabnya.

Terlalu Banyak Follow Pengguna dalam Sehari

Biasanya ketika ingin cepat mendapatkan banyak follower di Instagram, kamu akan melakukan follow banyak pengguna Instagram seperti lebih dari 500 hingga 1.000 orang dalam sehari.

Meskipun terkadang cara itu bisa saja berhasil, namun Instagram kemungkinan besar menyatakan tindakan tersebut mencurigakan karena aktivitas tergolong tidak wajar akibat melakukan follow ratusan atau ribuan orang dalam sehari.

Keseringan Like Post atau Meminta Like dari Pengguna Lain

Dengan akun Instagram, kamu dapat mengikuti lomba atau endorse produk dari brand yang bekerja sama. Terkadang apabila ingin meningkatkan like pada post Instagram, kamu akan meminta like ke banyak pengguna dalam sehari.

Selain itu, terkadang kamu juga akan langsung melakukan like di banyak post untuk membantu pengguna atau teman yang sesama mengikuti lomba atau endorse. Tentunya hal ini bisa dianggap spam oleh Instagram sehingga membuat akun Instagram dikunci sementara.

Sering Berpindah Perangkat dalam Waktu Singkat

Apabila kamu seorang reviewer atau yang memiliki banyak perangkat, terkadang dalam waktu singkat akan berpindah-pindah akun antar handphone. Hal ini tentunya membuat Instagram curiga karena akun seperti diretas oleh pihak lain.

Apalagi jika kamu langsung melakukan login satu akun Instagram pada beberapa handphone dalam waktu yang bersamaan, tentunya Instagram akan langsung mengunci sementara akun tersebut.

Login Instagram dari Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk melihat siapa saja akun yang ingin kamu unfollow karena tidak melakukan follow balik, biasanya kamu akan memasang aplikasi dari pihak ketiga seperti unfollower agar bisa melakukan unfollow pada banyak akun sekaligus.

Sementara itu, kamu juga terkadang mengunduh aplikasi Instagram Mod atau modifikasi dari pihak ketiga karena memiliki fitur yang lebih menarik dibandingkan aplikasi resmi. Namun hal tersebut jelas-jelas melanggaran ketentuan dari Instagram sehingga akan mendapatkan sangsi.

Akun Diretas

Pada saat akun tiba-tiba login dari perangkat, negara, atau wilayah yang jauh yang tidak seperti biasanya, maka Instagram akan mendeteksi bahwa akun tersebut memiliki kemungkinan telah diretas oleh orang lain.

Instagram pun mengunci akun sebagai bentuk pencegahan agar tidak ada masalah lebih lanjut. Untuk itulah, sebaiknya kamu selalu meningkatkan keamanan Instagram dengan menggunakan fitur Two-Authentication agar membutuhkan kode otentikator setiap login.

Cara Mengatasi Akun Instagram yang Dikunci Sementera

Pada saat akun Instagram dikunci sementara, maka aplikasi akan menampilkan pesan Your Account Has Been Temporarily Lock. Untuk itu, tekan tombol Continue. Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan menekan Send Security Code untuk mendapatkan kode yang dikirim ke nomor handphone atau email yang terdaftar.

Kamu tinggal measukkan Security Code tersebut untuk membuka kembali akun Instgram yang telah dikunci sementara. Namun apabila cara di atas tidak berhasil karena Security Code tidak bisa dikirimkan ke nomor handphone atau email yang terdaftar tadi, maka kamu bisa mencoba alternatifnya.

Meminta Bantuan ke Pihak Instagram

1. Ambil Screenshot pesan Your Account Has Been Temporarily Lock

2. Masuk menggunakan akun Instagram lain

3. Masuk ke halaman Profile berikon foto profil dari akun lain tersebut

4. Pilih menu Options berikon tiga garis di bagian kanan atas

5. Setelah menu pop-up muncul, pilih opsi Settings

6. Pilih menu Help

7. Pilih opsi Report a Problem

8. Pada menu pop-up, pilih menu Report a Problem

9. Pada halaman berikutnya, ketik bahwa kamu membutuhkan bantuan akibat akun utama milikmu diblokir sementara beserta alasannya

10. Masukkan Screenshot tadi dengan memilih tombol Gallery

11. Tekan tombol Submit

12. Tunggu respon dari pihak Instagram

Apabila terjadi masalah akun dikunci sementara, kamu memang harus bersabar dan secara bertahap melaporkan ke pihak Instagram. Biasanya laporan akan memerlukan waktu beberapa hari untuk diproses oleh pihak Instagram dan menyelidikinya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Comments
Loading...