Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Membuka Email jika Lupa Kata Sandi, Gak Perlu Bingung

Ini Cara Mudah Membuka Email jika Lupa Kata Sandi, Gak Perlu Bingung
Foto: Ilustrasi (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Penggunaan email atau surat elektronik saat ini sudah lazim dilakukan banyak orang. Selain praktis, dokumen dari pengirim bisa tersimpan dengan aman dalam email.

Meski demikian, terkadang sering kendala yang dialami saat membuka email. Salah satunya adalah lupa kata sandia tau password email yang dimiliki.

Nah, jika mengalami hal ini maka jangan bingung. Melansir Solopos.com dari Hitekno.com, membuka email jika lupa password dengan dua cara.

Baca juga: Diskominfo Jepara Masih Tunggu Instruksi Terkait Penggunaan Email Berbasis go.id

Yakni, menggunakan nomor telepon yang terdaftar di akun email atau menggunakan alamat email pemulihan atau recovery email.

Menggunakan nomor telepon

Buka halaman awal login Email dan masukkan alamat Email kamu. Klik Next dan kamu akan diminta untuk memasukkan password, karena lupa kamu maka klik pada tab Forgot Password.

Maka akan muncul halaman untuk memasukkan kode verifikasi, klik pada opsi Try another way.

Masukkan nomor telepon kamu, setelah itu kamu akan diminta memilih penerimaan kode verifikasi melalui pesan atau telepon.

Periksa HP kamu dan masukkan kode verifikasi yang dikirimkan pada kolom yang telah disediakan. Klik Next kemudian buat password baru untuk login ke Gmail.

Selanjutnya klik Save Password dan selesai! Sekarang kamu telah berhasil membuka email kamu kembali

Menggunakan recovery email

Masukkan alamat email kamu pada halaman login dan klik Next. Maka kamu akan diminta untuk memasukkan password, klik pada tab Forgot password yang ada di bagian bawah.

Setelah itu pihak email akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email pemulihan yang kamu masukkan pada saat mendaftar email tersebut.

Masukkan kode verifikasi tersebut dan klik Next. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk membuat password Email yang baru. Setelah membuat password baru, klik pada opsi Save Password.

Selesai! Sekarang kamu telah berhasil membuka email kamu dan setiap kali kamu ingin login ke email tersebut maka kamu bisa memasukkan password baru yang telah kamu buat tersebut

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...