Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jabar

Pemprov Jabar Siapkan Enam Balai Rehabilitasi Narkoba

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Pemprov Jabar)

MURIANEWS, Bandung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bandung tengah menyiapkan enam balai rehabilitasi narkoba. Keenam balai rehabilitasi tersebut tersebar di beberapa tempat termasuk di Cimaung, Bandung.

Pernyataan tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai peresmian Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jumat (1/7/2022).

”Di masterplan (rencana induk), kami menyiapkan enam balai rehabilitasi, satu di antaranya di Cimaung, yang tanahnya kami siapkan, dengan diawasi dan diarahkan oleh Bupati Bandung,” kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Kang Emil pun menyambut baik hadirnya Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di Cimaung, Kabupaten Bandung. Menurutnya, hadirnya balai rehabilitasi tersebut sebagai bentuk implementasi dari konsep keadilan restorasi.

”Ini yang kami tunggu, sebuah logika hukum, yaitu restorative justice dalam penyelesaian perkara tanpa menghilangkan aspek hukum,” ujarnya.

Kang Emil mengungkapkan sejumlah lembaga pemasyarakatan di Jabar telah melebihi kapasitas. Adapun 50-70 persen penghuni lapas tersebut merupakan kasus narkoba.

”Setelah melihat profilnya, menurut saya mereka perlu direhabilitasi,” katanya.

Kekhawatiran juga muncul karena sepertiga pengguna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa yang masih berusia produktif.

Ia optimistis Balai Rehabilitasi Adhyaksa menjadi sarana pemulihan yang tepat bagi mereka yang menghadapi ketergantungan narkoba.

”Saya yakin balai rehabilitasi ini mengurangi dampak ketergantungan narkoba,” ujarnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.