Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

FPTI Jateng Gelar Pra-Porprov Jateng, 237 Atlet Panjat Tebing Ambil Bagian

FPTI Jawa Tengah
Pengurus FPTI Jawa Tengah, di acara pembukaan Pra-Porprov Jateng di Kompleks Wall Climbing, Jati Diri Kota Semarang. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Tengah menggelar Pra-Pekan Olahraga Provinsi (Pra-Porprov). Kegiatan ini akan berlangsung mulai hari Sabtu (2/7/2022) sampai Kamis (7/7/2022) di komplek Wall Climbing Jatidiri, Kota Semarang.

Ketua FPTI Jawa Tengah, Abdul Hamid mengatakan, kegiatan ini digelar untuk seleksi bagi atlet-atlet dari seluruh daerah untuk mendapatkan tiket ke Porprov Jateng 2023 mendatang. Selain itu juga diarahkan untuk mendapatkan bibit unggul di usia produktif.

“Karenanya, kegiatan ini batasan umur atlet adalah U-21. Ini memang bagian dari persiapan kita untuk jangka panjang,” ujarnya, Sabtu (2/7).

Meski demikian, di arena Pra-Porprov Jateng ini juga masih ada toleransi untuk level senior. Di level senior, dalam hal ini hanya akan memainkan dua nomor pertandingan saja.

Hamid menyatakan, ada 237 orang atlet panjat tebing yang ikut ambil bagian di Pra-Porprov Jateng ini. Mereka berasal dari 30 kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah yang bersaing untuk mendapatkan tiket ke Porprov Jateng tahun depan.

“Tapi, ini juga sekaligus bagian pembinaan jangka panjang. Termasuk dalam rangka menyambut PON XXI Aceh-Sumut,” terang Hamid yang juga Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah ini.

BACA JUGA: FPTI Jepara Siap Hadapi Sejumlah Even Panjat Tebing Nasional dan Daerah

FPTI Jateng menargetkan mampu mendulang 4 medali emas pada PON XXI 2024 mendatang, yang akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh. Dengan target itu, persiapan terus dilakukan, sekaligus menguji kemampuan atlet lewat sebuah kompetisi, termasuk di arena Pra-Porprov dan Porprov.

“PON mendatang harus lebih baik dari sebelumnya. Tapi tentu prestasi tak bisa diraih secara tiba-tiba. Ada tahapan-tahapan, termasuk pertandingan seperti ini,” tambahnya lagi.

Pada PON XX di Papua, Jateng hanya berada di peringkat ketiga di ajang panjat tebit. Jateng mendulang 2 medali emas, 1 perak, dan 3 medali perunggu. Jateng berada di bawah Jawa Timur dan tuan rumah Papua.

“Untuk pembinaan pemerataan kabupaten/kota, kita akan mengajukan kepada KONI Jateng untuk kabupaten/kota yang tidak mendapatkan quota Porprov,” tegasnya.

Saat ini, Tim Panjat Tebing Jateng sudah punya route suksestori dengan mengikutkan empat atletnya menjadi bagian Timnas Indonesia di Kejuaraan IFSC Villar Swiss. Mereka saat ini tengah menjalani pemusatan latihan.

 

Editor: Budi Erje

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.