Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Kaltim

Polda Kaltim Siapkan 200 Personel Bantu Pengamanan IKN

Ilustrasi Polisi (Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin)

MURIANEWS, Balikpapan – Polda Kalimantan Timur (Kaltim) tengah menyiapkan 200 personel untuk membantu pengamanan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pengamanan tersebut disusun dalam rencana operasi yang dinamakan Mahakam Nusantara.

Wakapolda Kaltim Brigjen Hariyanto mengatakan, secara global pihaknya memang sudah melakukan persiapan untuk pengamanan IKN. Bahkan, pengamanan tersebut sudah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu.

Baca: IKN Nusantara Bakal Usung Konsep Kereta Gantung untuk Mobilitas Ibu Kota

”Dari mulai pembentukan undang-undang itu kita langsung melaksanakan pengamanan itu. Jadi sekarang ada logistik sudah termasuk dalam pengamanan itu,” ujarnya, melansir dari Suara.com.

Ia mengatakan, sebanyak 200 personel telah disiapkan dan ditempatkan di beberapa titik di wilayah IKN. Para personel, katanya, dibekali senjata lengkap dan diminta melakukan pengawasan. Khususnya, memastikan pendistribusian logistik tersebut lancar.

”Nanti itu akan bertambah lagi sesuai dengan kebutuhan kita, yang akan ditempatkan di titik di mana nanti menjadi tempat-tempat pendistribusian material, daerah yang diperkirakan akan ada gangguan, dan itu sudah ada di Rencana Operasi kita,” bebernya.

Pihaknya telah menginstruksikan ke jajarannya agar maksimal dalam membantu pengamanan pendistribusian logistik tersebut.

Baca: Jokowi: IKN Nusantara adalah Pintu Gerbang Masa Depan Indonesia

”Misalnya pendistribusian tidak lancar, ya kita harus amankan sesuai waktu yang sudah ditentukan mulai pembangunannya, jadi tidak boleh ada hambatan,” tuturnya.

Ia mengakui, sampai saat ini memang belum ada bangunan atau posko untuk jajarannya di wilayah IKN. Sehingga para personel di sebar di beberapa titik untuk melakukan pengawasan dan pengamanan.

”Sementara sudah ada, tapi bangunannya belum jadi, jadi kita berada di area IKN situ saja,” tutup jenderal bintang satu ini.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Suara.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.