Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Di Patiayam Kudus Ada Sup Fossil, Penasaran Ingin Coba?

Sup Fossil Patiayam Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kawasan Patiayam yang terbentang di perbatasan Kabupaten Kudus dan Pati dikenal dengan temuan-temuan fosil hewan maupun manusia purba. Dari sinilah muncul kuliner yang cukup unik di Patiayam Kudus, yakni sup fossil.

Ketika disajikan oleh pramusaji, bentuknya benar-benar menarik perhatian. Bagaimana tidak, satu tulang besar diletakkan di sebuah mangkuk disertai dengan gurihnya aroma rempah yang menggoda dibawa ke hadapan orang-orang yang memesan.

Ketika sampai ke meja pesanan, nampak dalam mangkuk tersebut berisikan sayur mayur, potongan daging, dan tentunya satu tulang besar yang ternyata adalah tulang sapi.

Perangkat makannya, ada sendok, garpu, pisau, dan sedotan. Untuk cara makannya, sumsum yang ada di dalam tulang sapi ekstra besar tersebut dicampur dengan kuah sup dan disedot dengan menggunakan sedotan.

Sajian sup fossil sup khas Rumah Jaoel Patiayam Advanture. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Untuk rasanya, benar-benar sangat segar. Apalagi jika ditambah sambal dan perasan jeruk nipis. Rasanya kuliner ini sangat cocok dimakaan saat santap siang seperti ini.

Begitulah wujud dan cara makan dari Sup Fossil, sup khas Rumah Jaoel Patiayam Advanture yang terletak di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Baca: Ini Tips Memilih Tempat Kuliner saat Traveling yang Perlu Diketahui biar Nggak Kecewa

Satu porsi sup tulang sapi panas tersebut dibanderol dengan harga Rp 40 ribu. Namun memang, bagi yang ingin merasakan, harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

”Karena sup fossil ini tidak selalu ada setiap hari. Maka kami anjurkan untuk melakukan reservasi dulu di nomor kami sediakan di 0858-7863-4177 atau di 0813-1800-9227,” kata Founder Patiayam Advanture Himawan Noor Tauriq, Sabtu (2/7/2022).

Sembari menikmati hidangan tersebut, pengunjung juga bisa merasakan sensasi berada di rumah kuno khas kolonialisme yang bisa dibilang sangat kece dan instagramable.

”Pengunjung bisa foto-foto di sini, jadi habis makan langsung foto di spot jadul tapi instagramable,” ujarnya.

Baca: Melihat Jejak Manusia Purba di Kabupaten Kudus

Selain sup fossil, Rumah Jadoel Patiayam Advature juga menyediakan makanan kuno lainnya. Di antaranya, pecel turi, sego lodeh godong jati, hingga menu fosil iwak penyet.

”Harganya bervariasi mulai dari Rp 15 ribu saja, silahkan mampir untuk mendapat sensasi makan unik di tempat yang unik pula,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.