Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Tambah Area Investasi, Luasnya jadi Segini

Salah satu pabrik yang berdiri di kawasan  indusri Desa Terban Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, telah menambah luasan cakupan area ataupun lahan investasinya di Kota Kretek untuk menarik minat investor masuk ke Kudus.

Ketetapannya pun telah tertuang di Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terbaru milik Pemkab. Di mana lahan investasi yang sebelumnya seluas 1.132 hektare kini ditambah menjadi 2.300 hektare.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus Arif Budi Siswanto mengatakan, luasan tersebut terbentang di Kecamatan Jekulo yang berada di tepi jalan pantura timur hingga perbatasan dengan Kabupaten Pati.

Kemudian sisanya berada di Kecamatan Kaliwungu mulai dari Jalan Lingkar Selatan Mijen hingga perbatasan dengan Kabupaten Jepara.

”Itu sudah termasuk yang ada di Desa Terban Jekulo, hanya areanya kami perluas lagi dalam Perda tersebut,” sambungnya.

Baca: Ikut Investasi Indra Kenz, Gadis di Kudus Rugi Rp 2,5 Miliar

Sementara terkait pemberlakuan Perda RTRW terbaru, pihaknya masih menunggu Peraturan Bupati Kudus yang saat ini tengah disusun oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus.

”Nanti kalau sudah kami yakin banyak investor yang akan masuk ke Kudus,” terangnya.

Arif menambahkan, berdasarkan hasil pengukuran terbaru secara digital dengan menggunakan software ArcGIS, luas wilayah Kabupaten Kudus juga mengalami penambahan. Dari sebelumnya sekitar 42.516 hektare, kemudian berubah menjadi 44.474 hektare.

”Dari luas lahan tersebut, untuk luas lahan pertanian sekitar 20.005 hektare,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.