Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gebrakan Baru, Hadi Tjahjanto Minta Sabtu-Minggu Kantor BPN Tetap Buka

Gebrakan Baru, Hadi Tjahjanto Minta Sabtu-Minggu Kantor BPN Tetap Buka
Hadi Tjahjanto saat dilantik Jokowi (Tangkapan Layar)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto meminta agar kantor BPN di Provinsi maupun kabupaten/Kota tetap buka pada Sabtu dan Minggu. Sehingga masyarakat yang dapat ke kantor BPN pada hari tersebut tetap bisa dilayani.

Hadi juga mengimbau agar masyarakat dapat mengurus sendiri permohonannya terkait pertanahan tanpa harus menggunakan jasa calo. Menurutnya, hal ini untuk memberantas agar tidak ada lagi mafia tanah.

”Sudah memberikan arahan kepada Kepala Kantah untuk menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri permohonannya serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu,” katanya, dikutip dari detik.com, Sabtu (2/7/2022).

Baca: Hadi Tjahjanto Target 126 Juta Bidang Tanah Tersertifikasi Hingga 2024

Dengan demikian diharapkan masyarakat yang memiliki kebutuhan dalam mengurus berkas pertanahan dan terkendala oleh pekerjaan, bisa mengurus sendiri permohonannya pada akhir pekan.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga meninjau inovasi layanan pertanahan yang dinamakan Loket Lantum (Layanan Tujuh Menit). Ia juga mengapresiasi layanan tersebut lantaran proses pelayanan yang cepat serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk datang sendiri ke Kantor Pertanahan (Kantah).

Baca: Ini Alasan Jokowi Angkat Hadi Tjahjanto Jadi Menteri ART/BPN

Lebih lanjut, Hadi turut menginstruksikan kepada jajaran di Kantor Pertanahan se-Indonesia agar mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal ini terus ia tekankan, mengingat PTSL menjadi Program Prioritas Nasional (PSN) yang dapat mewujudkan seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dan terpetakan.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumbera: Detik.com

Comments
Loading...