Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

SMA/SMK Negeri di Grobogan Penuhi Kuota PPDB

Seluruh SMA/SMK Negeri di Grobogan Penuhi Kuota
SMAN 1 Purwodadi termasuk sekolah yang jumlah pendaftarnya telah melebihi kuota yang ditetapkan. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Cabang Dinas Pendidikan (CDP) Wilayah IV Jawa Tengah memastikan SMA/SMK di wilayah Grobogan sudah memenuhi kuota jumlah pendaftaran peserta didik baru (PPDB).

Kepastian itu setelah SMAN 1 Geyer telah memenuhi kuota Kamis (30/6/2022). Bahkan, jumlahnya melebihi kuota yang ditetapkan.

”Pada hari pertama kemarin, ada satu sekolah di Geyer yang belum terpenuhi kuota. Tapi per pagi tadi pukul 08.00 WIB sudah terpenuhi. Jadi, seluruh SMA negeri di Grobogan sudah terpenuhi kuota,” kata Budi Santoso, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Jawa Tengah, Kamis (30/6/2022).

Budi menjelaskan, dari total siswa lulusan SMP di Grobogan, hanya 42 persen yang masuk di SMA/SMK negeri di Grobogan. Sementara, 58 persen lainnya memilih sekolah swasta.

Baca: Ini Jadwal Lengkap PPDB Grobogan, Catat Waktunya

”Sebesar 58 persen itu nanti bersekolah di swasta. Ini merupakan untuk memperluas akses dan mutu pendidikan di CDP IV,” paparnya.

Untuk diketahui, proses pendaftaran penerimaan perserta didik baru (PPDB) SMA/SMK di Jawa Tengah sudah mulai sejak 15 Juni 2022. Proses dimulai dari pendaftaran akun secara online hingga 28 Juni 2022. Kemudian, para calon peserta didik mendaftar ke sekolah sesuai zonasi pada 29 Juni – 1 Juli 2022.

Setelah itu, dilakukan validasi dan evaluasi yang dilaksanakan pada 2-3 Juli 2022. Selanjutnya, pengumuman disampaikan pada 4 Juli 2022 paling lambat pukul 23.55 WIB.

Jika peserta didik dinyatakan lolos, maka diminta untuk melakukan daftar ulang pada 5-7 Juli 2022. Adapun hari pertama masuk sekolah pada 11 Juli 2022.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.