Kamis, 28 Maret 2024

Terganggu Rasa Gatal pada Kulit Kepala, Ini Tips Mengatasinya

Murianews
Kamis, 30 Juni 2022 15:54:48
Foto: Ilustrasi gatal kulit kepala (freepik.com)
[caption id="attachment_298874" align="alignleft" width="1890"]Terganggu Rasa Gatal pada Kulit Kepala, Ini Tips Mengatasinya Foto: Ilustrasi gatal kulit kepala (freepik.com)[/caption] MURIANEWS, Kudus – Rasa gatal pada kulit kepala sering dialami banyak orang. Meski terkesan sepele, namun rasa gatal ini cukup mengganggu aktivitas. Gatal pada kulit kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti ketombe hingga psoriasis di kulit kepala. Selain itu rasa gatal juga bisa disebabkan kurangnya pengetahuan mengenai cara merawat rambut yang benar atau memang memiliki jenis kulit kepala yang kering. Baca juga: Ini Cara Keramas yang Benar supaya Rambut Tampak Berkilau dan Terasa Lembut Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan masalah kulit kepala, seperti dikutip dari laman Hello Sehat. 1. Pilih sampo sesuai masalah kulit kepala Salah satu cara mengatasi rasa gatal di kulit kepala adalah memilih produk sampo yang sesuai dengan masalah kulit kepala yang dialami. Sampo adalah produk perawatan rambut yang tersedia dalam berbagai varian, mulai dari sampo bayi hingga sampo antiketombe. Sampo antiketombe umumnya mengandung natrium lauret sulfat , natrium lauril sulfat, zinc pyrithione, dimethicone, cocamidopropyl betaine, ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida, natrium benzoat, methylchloroisothiazolinone, dan mentol. Perlu diketahui, kandungan mentol pada sampo antiketombe bermanfaat untuk menyegarkan kulit kepala serta mengurangi rasa gatal akibat ketombe kering maupun ketombe basah. Ketombe Sebagai contoh, ada banyak sampo khusus yang dipakai sebagai obat ketombe. Umumnya, sampo tersebut berlabel antiketombe dengan bahan-bahan berikut ini.
  • Zinc pyrithione atau zinc omadine
  • Selenium sulfide
  • Piroctone olamine
  • Antijamur
  • Coal tar
Seberapa sering Anda harus menggunakan sampo khusus ini tergantung seberapa parah ketombe dan pengobatan yang tengah dijalani. Biasakan untuk selalu membaca aturan pakai pada kemasan sampo sebelum digunakan. Psoriasis kulit kepala Bagi Anda yang mengalami psoriasis pada kulit kepala mungkin bisa mencoba sampo yang mengandung coal tar atau asam salisilat. Bila rasa gatal di kulit kepala tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kutu rambut Kulit kepala yang gatal juga dapat disebabkan oleh adanya kutu rambut yang berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Telur-telur kutu sulit dilihat dengan mata telanjang, tetapi kutu dewasa tampak bergerak dan berjalan di kepala Anda. Nah, salah satu cara menghilangkan rasa gatal akibat kutu adalah menggunakan sampo khusus kutu rambut. Sampo khusus rambut biasanya mengandung insektisida piretrin atau permetrin. Selain itu, Anda juga bisa mencuci rambut dengan menggunakan pediculicide atau obat kutu rambut. 2. Pakai obat antijamur Selain menggunakan sampo khusus, ternyata Anda juga bisa minum obat antijamur untuk mengatasi masalah kulit kepala yang gatal. Namun, jenis obat antijamur yang digunakan akan tergantung pada penyakit yang dialami. Tinea capitis (kurap di kulit kepala) Tinea capitis atau biasa disebut kurap adalah kondisi ketika kulit kepala terinfeksi jamur. Kondisi ini dapat menyebabkan bercak atau kebotakan kecil akibat rambut rontok. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Umumnya, dokter akan meresepkan obat antijamur untuk melawan jamur dan meringankan gejala gatal di kulit kepala, meliputi:
  • Griseofulvin, obat antijamur oral untuk anak-anak,
  • Terbinafine, obat antijamur untuk orang dewasa, serta
  • Itraconazole dan fluconazole.
3. Salep kortison Salep dan krim kortison adalah bagian dari jenis obat steroid. Obat kortison oral ini memang menjadi pilihan pengobatan yang ditawarkan dokter untuk mengatasi penyakit kulit kepala yang gatal. Normalnya, salep kortison digunakan oleh penderita psoriasis. Bahkan, jenis obat ini juga terbukti ampuh membantu mengatasi dermatitis seboroik. Penggunaan obat steroid topikal bertujuan untuk mengendalikan peradangan yang terjadi di lapisan bawah kulit kepala. 4. Menjaga kebersihan diri Sebenarnya, kunci utama dari menghilangkan rasa gatal di kulit kepala adalah menjaga kebersihan diri. Meski kebersihan dan perawatan rambut mungkin tidak berhubungan dengan masalah kulit kepala yang dialami, cara ini dapat membantu meringankan gejala. Berikut ini beberapa tips menjaga kebersihan diri yang perlu dilakukan saat mengalami penyakit kulit kepala.
  • Rutin mencuci barang yang dipakai, seperti seprai, baju, topi, dan pakaian, terutama saat Anda terkena kutu rambut.
  • Mencuci rambut alias keramas secara berkala dengan sampo sesuai jenis rambut.
  • Tidak menggunakan produk perawatan rambut salon untuk sementara waktu.
Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter kulit atau dermatolog untuk mendapatkan solusi yang tepat. Cara alami mengatasi kulit kepala gatal Selain beberapa cara di atas, ada sejumlah bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit kepala yang gatal. Apa saja? Tea tree oil inyak pohon teh (tea tree oil) dikenal sebagai minyak yang bersifat antijamur, anti-peradangan, dan anti bakteri. Oleh sebab itu, minyak ini sering dipakai untuk membantu meringankan rasa gatal di kulit kepala. Cara memakainya:
  • Campurkan 10 – 20 tetes tea tree oil dengan sampo bayi
  • Aduk hingga rata
  • Cuci rambut dengan campuran tersebut
Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan tea tree oil dengan minyak sayur. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan pijat ringan. Minyak kelapa Selain tea tree oil, minyak kelapa juga dipercaya ampuh mengatasi kulit kepala yang gatal dan kering. Pasalnya, minyak kelapa diklaim dapat mengurangi jumlah bakteri, jamur, dan patogen lainnya. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari Journal of Traditional and Complementary Medicine. Tidak hanya itu, minyak kelapa untuk rambut juga dapat menembus kulit dengan cepat. Alhasil, tingkat kelembapan dan kelenturan kulit pun meningkat yang bermanfaat untuk melawan rasa gatal dan mengurangi risiko infeksi. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah efeknya akan sama jika diaplikasikan di kulit kepala. Cara memakainya:
  • Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secukupnya
  • Pijat kulit kepala dengan lembut
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas hingga bersih
Lidah buaya Tahukah Anda bahwa kandungan emolien pada lidah buaya mampu menjaga kelembutan dan kelembapan kulit kepala? Oleh sebab itu, lidah buaya sering digunakan oleh banyak orang untuk menghilangkan rasa gatal di kulit kepala. Bahkan, kandungan nutrisi pada lidah buaya yang membantu mempercepat pemulihan luka juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Cara memakainya:
  • Potong daun lidah buaya secukupnya
  • Ambil gel di dalamnya
  • Oleskan pada kulit kepala
  • Diamkan selama 15 – 20 menit
  • Bilas kepala hingga bersih
Lemon Sari lemon telah dikenal sejak lama menjadi obat tradisional untuk berbagai macam penyakit, termasuk masalah kulit kepala gatal. Bagaimana bisa? Begini, kandungan flavonoid pada sari lemon sangat bermanfaat pada dunia kesehatan. Pasalnya, flavonoid menunjukkan aktivitas antibakteri, antijamur, dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Bila dioleskan ke kulit, asam pada lemon dapat mengangkat sel mati, menghilangkan ketombe, ruam, gatal, dan sebagainya. Selain itu, sari lemon juga memberikan sensasi kesegaran, terutama ketika minyak lemon dicampurkan di air mandi Anda. Cara memakainya:
  • Peras jeruk lemon secukupnya
  • Campurkan perasan lemon dengan air
  • Oleskan campuran air dan lemon di kulit kepala
  • Bilas rambut dengan sampo
Jika berhasil, Anda bisa mengulangi perawatan ini sebagai cara mengatasi kulit kepala gatal. Namun, beberapa bahan alami di atas sebaiknya didiskusikan dahulu dengan dokter spesialis kulit, terutama ketika Anda menjalani pengobatan tertentu.     Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: hellosehat.com

Baca Juga

Komentar