Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Begini Cara Mencegah Agar Anak Tidak Terkena Stunting

Ilustrasi: Bidan dan petugas Puskesmas sedang menyuapi bayi. (Murianes)

MURIANEWS, Kudus — Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berupaya melakukan pencegahan stunting di Kota Kretek. Salah satunya melalui penyuluhan bagi remaja perempuan dan ibu hamil tentang cara mencegah stunting.

Diketahui, stunting merupakan terhambatnya proses pertumbuhan pada balita. Terhambatnya pertumbuhan itu disebabkan karena faktor kekurangan gizi. Alhasil, anak tersebut terlalu pendek untuk usianya.

”Sebagai pencegahan kami IBI Kudus melakukan penyuluhan. Pertama menyasar remaja perempuan. Karena remaja ini kan calon ibu di masa yang mendatang,” kata Ketua IBI Kudus Darini, Kamis (30/6/2022).

Penyuluhan tersebut dilakukan di posyandu remaja dan di beberapa sekolah. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan setiap tahun.

”Untuk tahun ini kami sudah memulai sejak awal tahun. Tujuannya agar mengedukasi anak-anak remaja,” ujarnya.

Menurut Darini, salah satu langkah pencegahan stunting yakni perempuan tidak boleh mengalami anemia.

”Selain jangan kekurangan darah, pemenuhan gizi yang cukup juga harus dipenuhi agar tidak terjadi stunting,” sambungnya.

Lebih lanjut, menurut Darini perempuan yang bakal menjadi calon ibu membutuhkan kalori dan protein yang cukup. Lalu, bagi ibu hamil juga disarankan minum obat penambah darah.

”Maka dari itu ibu hamil setiap kontrol biasanya diberi dokter obat penambah darah. Karena itu sebagai upaya pencegahan stunting,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.