Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemkab Karanganyar Bangun Anak Tangga dari Cemoro Kandang Hingga Puncak Gunung Lawu

Para pendaki Gunung Lawu saat menempuh perjalanan. (Tim SAR)

MURIANEWS, Karanganyar – Pemkab Karanganyar berencana membangun anak tangga menuju puncak Gunung Lawu. Sesuai rencana, pembangunan tersebut akan dilakukan mulai Cemoro Kandang hingga puncak Gunung Lawu.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan anak tangga sampai ke puncak gunung yang hendak dibangun di gunung bernama asli Wukir Mahendra itu adalah yang pertama di dunia.

”Sebenarnya, proyek ini rencananya dimulai pada 2018. Tapi terbentur pandemi Covid-19. Akan tetapi dalam waktu dekat Pemkab Karanganyar akan merealisasikan proyek tersebut,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Yuli, sapaan akrab Bupati Karanganyar, menggambarkan tangga yang akan dibuat sampai ke puncak Gunung Lawu tidak menggunakan bahan semen. Tetapi memanfaatkan batu alam yang ditata sedemikian rupa.

Pembangunan tangga ini juga sangat berhati-hati agar tidak merusak lingkungan. Nantinya pembangunan infrastruktur ini akan menggandeng sukarelawan serta aktivis pencinta alam.

”Ini (tangga ke puncak Gunung Lawu) bisa menyelamatkan banyak orang. Tidak ada lagi yang tersesat saat mendaki Lawu,” tuturnya ketika dijumpai wartawan di Gedung DPRD Karanganyar pada Rabu (22/6/2022).

Rencananya tangga menuju puncak gunung itu dibuat sepanjang 12 kilometer dari pos pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu.

Tangga Gunung Lawu itu nantinya dibuat menyusuri jalur pendakian yang sudah ada dilengkapi lampu penerangan, sehingga tidak akan merusak alam yang ada di sana.

”Tangga dibuat dengan bebatuan. Batu-batu di sekitar lokasi. Jadi tidak akan merusak alam,” tambahnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.