Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Operasi Patuh Candi 2022 di Pati Jaring 7.238 Pelanggar

Operasi Patuh Candi 2022 di Pati Jaring 7.238 Pelanggar
KBO Satlantas Polres Pati, Ipda Muslimin. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Satlantas Polres Pati mencatat terdapat 7.238 pelanggar lalu lintas (lalin) di Kabupaten Pati. Angka itu didapatkan selama dua pekan pelaksanaan Operasi Patuh Candi yang mulai 13 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022.

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Pati, Ipda Muslimin mengatakan tak semua pelanggar itu ditilang. Dari jumlah itu, sebanyak 4.868 pelanggar yang ditilang.

Mayoritas pelanggar adalah pengendara sepeda motor dengan jumlah 4.280 orang. Sementara, 588 pelanggar lainnya merupakan pengendara mobil dan kendaraan khusus.

Baca: Operasi Patuh Candi, Polres Pati Siapkan Ratusan Personel

Pengendara yang melanggar lalin ringan, seperti berkendara sambil mengangkat telepon, tidak menyalakan lampu, dan tak mengenakan helm dengan benar, tidak dikenai tilang. Pihaknya hanya memberi teguran pada jenis pelanggar itu.

”Untuk teguran diberikan kepada 2.370 pengendara. Karena jenis pelanggaranya ringan tidak diberi sanksi tilang,” ujar Ipda Muslimin, Kamis (30/6/2022).

Ia menjelaskan, pelanggaran yang paling dominan adalah tidak memakai helm saat berkendara dengan jumlah 2.673. Disusul pelanggaran penggunaan knalpot brong sebanyak 924 pengendara.

Diketahui, dalam pelaksanaan Operasi Patuh Candi kali ini, petugas menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik melalui aplikasi mobil Go-Sigap.

Selain itu, pihaknya juga menugaskan beberapa personel untuk melakukan pengawas di tempat-tempat yang rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan.

”Pada operasi kemarin, kami juga menugaskan anggota yang dilengkapi dengan kamera portabel (bisa dibawa kemana-mana),” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...