Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lampu City Walk Sunan Kudus yang Dicopot Ternyata Sumbangan

Lampu hias di kawasan City Walk Sunan Kudus sebelum dicopot. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Lampu gantung di kawasan City Walk Jalan Sunan Kudus, Jawa Tengah dicopot, karena dinilai membahayakan karena tak lagi kokoh. Lampu itu belakangan diketahui jika merupakan hibah atau sumbangan dari pihak rekanan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus membenarkan hal itu.

Item atau barang tersebut, juga tidak masuk dalam anggaran pembangunan kawasan yang digadang-gadang sebagai Malioboronya Kudus, yang nilainya mencapai Rp 12 miliar lebih itu.

”Kalau yang lampu di atas jalan itu murni pemberian pihak rekanan, sehingga memang dalam perjalanannya tidak ada anggaran perawatan di kami atau juga malah di Dinas PKPLH sana,” kata Kepala Dinas PUPR Arif Budi Siswanto, Kamis (30/6/2022).

Dari PUPR sambung Arif, hanya menganggarkan untuk perawatan jalan dan kawasan pedestriannya.

”Itu juga alokasinya minim karena anggaran rutin di kami memang pada tahun ini juga sedikit,” pungkasnya.

Baca: Lampu Kudus City Walk Dilepas, Ini Alasannya

Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus sebelumnya juga telah mengakui jika tidak memiliki anggaran untuk perawatan lampu hias di area City Walk Sunan Kudus.

Kondisi tersebut kemudian berimbas pada penanganan di lapangan ketika terjadi kerusakan lampu.

Untuk saat ini, pihak dinas hanya bisa melakukan penanganan seadanya, seperti perbaikan ringan dan perapian intalasi lampu. Sedangkan perbaikan menyeluruh maupun peremajaan lampu belum bisa dilakukan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.