Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Takut Koper Hilang saat Naik Pesawat? Coba Ikuti Tips Berikut Ini

Takut Koper Hilang saat Naik Pesawat? Coba Ikuti Tips Berikut Ini
Foto: Ilustrasi (Tony Prats dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Saat bepergian jarak jauh dengan naik pesawat ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Salah satunya adalah packing baju atau barang bawaan lainnya yang akan dipakai bepergian.

Biasanya, barang bawaan ini ditempatkan dalam koper agar semuanya bisa masuk. Saat naik pesawat, koper ini nantinya harus terpisah karena masuk dalam bagasi.

Seringkali masih ada yang masih khawatir jika kopernya nanti hilang dari bagasi. Apalagi, jika di dalam koper ada beberapa barang atau dokumen yang dirasa sangat penting.

Baca juga: Pusing Packing Baju buat Liburan? Ini Tips yang Bisa Dicoba

Nah, apabila tidak ingin mengalami hal itu, berikut adalah tips untuk mengurangi risiko bagasi atau koper hilang saat naik pesawat, seperti dilansir dari Kompas.com

1. Bawa Bagasi Kabin

Tips pertama, calon penumpang disarankan untuk membawa bagasi kabin jika memungkinkan. Artinya penumpang hanya membawa barang dapat diletakkan pada tempat penyimpanan di kabin pesawat.

Cara ini selain dapat menghindari risiko kehilangan juga dapat menghemat waktu karena penumpang tidak perlu menunggu di area pengambilan.

2. Gunakan Tanda Pengenal

Salah satu cara untuk mengenali koper adalah dengan tanda pengenal (tag). Biasanya calon penumpang menulis nama dan informasi kontak pada tanda pengenal tersebut. Walau seperti itu penumpang dianjurkan untuk menuliskan nama dan kontak mereka menggunakan spidol permanen agar berjaga-jaga jika tanda pengenal terlepas.

3. Beri Tambahan Dekorasi

Untuk memudahkan penumpang menganali koper yang ada di baggage carousel disarankan bagasi yang dibawa diberi sedikit dekorasi. Terlebih tidak menutup kemungkinan adanya koper yang memiliki warna dan desain yang mirip dalam suatu penerbangan.

4. Bersiap untuk Kemungkinan Terburuk

Calon penumpang disarankan menyiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk jika berencana membawa bagasi tercatat atau checked baggage. Penumpang dapat memasukkan pakaian ganti, uang dan dokumen perjalanan di bagasi kabin.

Jika akan melakukan penerbangan ke luar negeri ketika musim dingin, calon penumpang disarankan untuk tidak memasukkan mantel ke dalam bagasi tercatat dan membawanya ke dalam kabin pesawat.

5. Memotret Koper

Sebelum perjalanan, penumpang dianjurkan untuk memotret koper. Ini bertujuan untuk memudahkan petugas bandara dalam mencari koper jika hilang.

Selanjutnya, selain pada bagian luar koper penumpang juga dapat mengambil foto bagian dalam koper untuk memastikan barang-barang mereka tetap sama ketika koper ditemukan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...