Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Motor Tiba-Tiba Mogok dapat Disebabkan Hal Sepele lho, Ini Contohnya

Motor Tiba-Tiba Mogok dapat Disebabkan Hal Sepele lho, Ini Contohnya
Foto: Ilustrasi tutup tangki motor (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Motor yang mendadak mogok saat dipakai berkendara sering dialami banyak orang. Terkadang hal ini sempat bikin heran karena sebelumnya kondisi motor sudah dicek dan tidak ada masalah.

Perlu diketahui, motor mendadak mogok tidak selalu disebabkan mesin yang bermasalah. Ada kalanya motor mogok bisa disebabkan oleh hal sepele yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Melansir dari Gridoto.com, motor mendadak mogok dapat disebabkan hal sepele seperti tersumbatnya lubang kecil yang ada di tutup tangki bahan bakar motor. Jika diperhatikan, lubang tangki motor pasti terdapat lubang kecil.

Baca juga: Ini Cara Merawat Rantai Motor agar Awet, Mudah Banget

”Kalau kalian lihat di tutup tangki motor itu pasti ada lubang kecil. Lubang kecil pada tutup tangki berfungsi sebagai sirkulasi udara masuk,” ucap Joko Setiawan, mekanik Berkah Motor di daerah Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Saat bahan bakar terisap oleh mesin, maka volume yang sebelumnya terisi bensin akan tergantikan oleh udara. Namun jika lubang sirkulasi itu tersumbat atau mampat, bensin tidak dapat terisap oleh mesin. Jika bensin tidak dapat terisap, maka mesin yang tidak mendapat suplai bahan bakar tidak akan hidup.

Lubang tersebut dapat kemasukan kotoran atau kerak-kerak yang ada di dalam tangki. Cara membersihkannya cukup mudah, hanya dengan disemprot angin menggunakan kompresor.

Atau jika tidak memiliki kompresor, dapat mencucinya hingga kotoran yang menutupi lubang menghilang. Selain itu dapat juga menusuk lubang tersebut menggunakan jarum atau tusuk gigi.

Oleh karena itu bagi pemotor tidak perlu panik saat kendaraannya tiba-tiba mogok di tengah perjalanan. Karena bisa saja hal tersebut disebabkan lubang sirkulasi udara pada tangki bensin tersumbat, jadi bisa dicek pada komponen tersebut terlebih dahulu.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...