Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemerintah dan Muhammadiyah Beda Tanggal Iduladha, MUI Beri Imbauan

Pemerintah dan Muhammadiyah Beda Tanggal Iduladha, MUI Beri Imbauan
Ilustrasi Iduladdha

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan bahwa Hari Raya Iduladha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022. Sementara Muhammadiyah, jauh hari telah menetapkan tanggal 9 Juli 2022 untuk Iduladha.

Menanggapi perbedaan tanggal hari raya Kurban ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH Abdullah Jaidi mengatakan, yang ada dalam kenyataan ada pula perbedaan dalam menyikapi Hari Raya Iduladha ini.

”1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli 2022, dan berarti Hari Raya Iduladha akan jatuh pada tanggal 10 Zulhijah, berkenaan dengan tanggal 10 Zulhijah dan bertepatan juga pada tanggal 10 Juli 2022,” katanya, dikutip dari Detik.com, Rabu (29/6/2022).

Baca: Kemenag Tetapkan Iduladha 1443 H Jatuh Pada 10 Juli 2022 

“Oleh sebab itu, kita sama-sama mengetahui bahwa yang ada dalam kenyataan ada perbedaan dalam kita menyikapi Hari Raya Idul Adha, sementara saudara-saudara kita dari Muhammadiyah telah mengumumkan terlebih dahulu tentang jatuhnya Hari Raya Idul Adha yaitu pada tanggal 9 Juli,” imbuhnya.

Jaidi mengatakan perbedaan waktu seperti ini adalah hal biasa. Meski begitu, Jaidi mengimbau agar perbedaan ini tidak membuat masyarakat pecah.

Baca: Tentukan Hari Raya Iduladha, Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini

”Tentunya hal seperti ini adalah sesuatu yang biasa terjadi, di tengah-tengah kita adanya perbedaan. Tapi janganlah perbedaan itu sampai jadikan kita perpecahan, tidak saling menghormati.” Terangnya.

”Tandanya kita saling menghormati adanya perbedaan itu, karena tentunya perbedaan itu pada setiap permasalahan adanya wujudulhilal, dan ada rukyatulhilal yang kedua-duanya menggunakan hisab hanya tergantung pada ketinggian pada hisab itu masing-masing,” jelas Jaidi.

 

Penulis:  Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...