Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemkab Butuh Rp 600 Juta untuk Sertifikat dan Perbaikan Stadion Joyokusumo Pati

Stadion Joyokusumo Pati dilihat dari depan. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mengaku membutuhkan dana Rp 600 juta untuk mengurus sertifikat FIFA dan perbaikan Stadion Joyokusumo, Pati, Jawa Tengah pada tahun 2022 ini.

Dari besaran tersebut, Rp 400 juta di antaranya untuk mengurus sertifikat FIFA. Sedangkan sisanya untuk memperbaiki fasilitas Stadion Joyokusumo sehingga memenuhi standar PSSI.

”Untuk mendapatkan sertifikat FIFA ini, kami butuh anggaran Rp 400 juta. Saat ini dalam proses. Sulit mendapatkan sertifikat itu, karena tak di Indonesia. Melainkan Belanda,” terang Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati Sudarno.

Rencananya, pihaknya akan melakukan beberapa pembenahan. Misalnya, ruang ganti atlet harus ada lokernya dan kamar mandi jadi satu dengan ruang ganti atlet.

”Tak hanya lapangan saja untuk mendapatkan sertifikat FIFA ini. Jadi harus ada fasilitas yang memadai untuk para atlet,” kata Sudarno.

Dana ini rencananya akan diajukan dalam perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pati 2022. Ia mengaku sudah melakukan koordinasi dengan DPRD Kabupaten Pati.

Diharapkan pengajuan ini diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati. Sehingga Stadion Joyokusumo nanti bisa digunakan Persipa dalam ajang Liga 2.

”Kami sudah komunikasikan dengan DPRD dan Bupati Pati Haryanto. Rencananya dianggarkan pada perubahan APBD 2022,” paparnya.

Selain anggaran pada tahun ini, pihaknya juga berencana mempercantik Stadion Joyokusumo pada tahun-tahun mendatang. Menurutnya, bila langsung dibebankan pada tahun ini, APBD Kabupaten Pati tidak mencukupi.

”Tak serta-merta semua dikerjakan. Mengingat anggaran APBD ini terbatas. Yang ada dijalani dulu,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...