Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jalan Alternatif Pati-Rembang Rusak

Jalan Alternatif Pati-Rembang Rusak
Jalan alternatif Pati-Rembang, tepatnya di Jalan Jakenan-Jaken mengalami kerusakan. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Jalan alternatif Pati-Rembang, tepatnya di Jalan Jakenan-Jaken Kabupaten Pati, Jawa Tengah rusak. Kerusakan jalan di sana pun dikeluhkan warga.

Salah satu keluhan datang dari Siti, warga Glonggong, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati. Menurutnya, kondisi jalan baik hanya dinikmati warga selama sepekan saja.

Ia mengatakan, jalan alternatif itu sempat dilakukan peremajaan oleh dinas terkait. Namun, rusak lagi setelah adanya hujan dan banjir yang melanda jalan itu.

Baca: Jalan Pantura Pati-Rembang Macet, Jalur Alternatifnya Rusak

Kondisi itu diperparah dengan meningkatnya volume kendaraan pada Minggu (26/6/2022) lalu dan Senin (27/6/2022). Banyak pengendara mulai roda dua hingga truk besar melewati jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati ini.

”Kita hanya merasakan jalan seminggu. Mulai pekan kemarin pemeliharaannya. Terus ada hujan, banjir, sampai meluap ke jalan, akhirnya ya lubang-lubang lagi. Soalnya bus, truk besar masuk,” ujar Siti kepada Murianews, Rabu (29/6/2022).

”Ini belum diperbaiki lagi. Eman-eman ini. Sebenarnya naiknya (banjir) sedikit di depan JR Mart . Ndak sampai depan balai desa. Tetapi setelah (hujan) itu rusak. Bolong-bolong,” lanjut Siti.

Sementara itu, Pejabat Fungsional Teknik Jalan Jembatan Ahli Muda pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Hasto Utomo membenarkan adanya kerusakan itu. Namun ia menilai kerusakan hanya di titik-titik yang belum diperbaiki.

Pihaknya berjanji segera melakukan perbaikan. Ia berharap kendaraan berat dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tidak melewati jalan ini. Menurutnya, jalan kabupaten bukan untuk kendaraan jenis itu.

”Iya (ada kerusakan lagi). Titik yang lama yang dulunya masih baik ada yg rusak lagi karena untuk muatan berat. Rencana akan dipelihara bagian pemeliharaan,” kata Hasto.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.