Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Petani dan Peternak di Gebog Kudus Diajari Bikin Pupuk Organik dari Kotoran Ternak

Petani dan Peternak di Gebog Kudus Diajari Bikin Pupuk Organik dari Kotoran Ternak
Foto: Peternak dan petani di Kudus sedang mengikuti pelatihan membuat pupuk organik. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Petani dan peternak di wilayah Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diajari membuat pupuk organik, Rabu (29/6/2022). Sebanyak 25 peserta yang ikut pelatihan pembuatan pupuk organik yang dilangsungkan di Desa Gribig, Kecamatan Gebog tersebut.

Pembuatan pupuk organik bahan bakunya berasal dari kotoran ternak. Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan kotoran ternak yang persediaannya cukup banyak dan selama ini banyak terbuang begitu saja.

Selain dimanfaatkan sendiri untuk memupuk tanaman, pupuk organik dari kotoran ternak itu nantinya bisa menjadi produk bernilai jual. Namun, untuk pembuatannya tentu harus dilakukan dengan metode yang benar.

Baca juga: Pupuk Organik Diklaim Bisa Hasilkan Padi yang Lebih Sehat

”Kegiatan ini merupakan inisiatif dari pihak Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Gebog dan juga Kudus Farm,” kata Taufik, Owner Kudus Farm.

Taufiq melanjutkan, kegiatan itu bertujuan untuk memberi edukasi tentang pelatihan membuat pupuk organik. Sehingga petani maupun peternak dapat memanfaatkan kotoran hewan ternak.

”Kotoran hewan yang sudah diolah menjadi pupuk organik itu bisa dimanfaatkan sendiri atau juga dijual ke orang lain,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus Agus Setiawan mengatakan, pihaknya memang mendorong peternak maupun petani untuk membuat pupuk. Sebab, pupuk organik memiliki manfaat.

”Memang kami dorong untuk menyuplai kebutuhan pupuk. Karena pupuk organik bisa meningkatkan kualitas tanah,” katanya saat ditemui di lokasi pelatihan.

Menurutnya, pupuk organik lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan pupuk kimia. Sebab, unsur hara dari pupuk organik lebih banyak.

”Unsur hara dari pupuk organik itu lebih komplet daripada pupuk kimia,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...