Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jepara Buka Formasi 1.015 PPPK, Separuhnya Guru

Jepara Buka Formasi 1.015 PPPK, Separuhnya Guru
Apel penyerahan SK PPPK di halaman Setda Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kembali membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini.

Sebanyak 1.015 formasi PPPK dibuka. Separuh dari formasi itu untuk posisi guru atau tenaga pendidikan. Selebihnya, tenaga kesehatan, penyuluh pertanian dan tenaga teknis.

”Separuhnya untuk formasi guru. Selebihnya tenaga kesehatan, penyuluh pertanian dan tenaga teknis,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara, Ony Sulistijawan, Rabu (29/6/2022).

Baca: Lolos Seleksi, 475 Calon PPPK Jepara Lakukan Pemberkasan

Meski jumlah formasi sudah ditetapkan, pihaknya masih belum mendapatkan kepastian jadwal pendaftarannya. Saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

Dijelaskan, pihaknya mengusulkan agar peserta yang pada perekrutan tahun lalu masuk dalam passing grade namun tidak lolos diutamakan dapat lolos tahun ini. Namun, itu berlaku bagi formasi tenaga pendidikan.

Ia berencana mencarikan posisi di tempat lain bagi mereka yang masuk kategori itu. Misal guru kelas A akan dicarikan di kelas B atau lainnya.

”Dari formasi (perekrutan, red) yang kemarin masih ada sekitar 50-an (masuk passing grade tapi tidak lolos),” jelas Ony.

Ony mengatakan, pada 2021 lalu ada tiga kali perekrutan PPPK. Namun, sampai saat ini baru terlaksana dua tahap.

Diharapkan, perekrutan PPPK tahun ini bisa memperkuat kinerja pemerintah daerah. Meskipun, kebutuhan pegawai di Jepara masih jauh dari formasi yang diusulkan tersebut.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...