Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kecamatan Kaliwungu dan Bae Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi PMK di Kudus

Kecamatan Kaliwungu dan Bae Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi PMK di Kudus
Petugas tengah mengecek vaksin PMK yang akan digunakan untuk vaksinasi ternak Kamis besok (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera menyuntikkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada ratusan ternak di Kecamatan Kaliwungu dan Bae mulai Kamis (29/6/2022) besok. Untuk tahap awal, disediakan sebanyak 100 dosis vaksin.

”Hari ini kami mulai pendataan, besok kami mulai lakukan penyuntikan di sejumlah titik di dua kecamatan tersebut,” kata Subkoordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus Sidi Pramono, Rabu (29/6/2022).

Sidi menambahkan, untuk hewan ternak yang akan mendapat prioritas vaksin ini adalah sapi jenis perah dan potong. Hal tersebut dikarenakan perawatan jenis sapi ini sangatlah lama dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi

”Ini juga instruksi dari pusat, maka akan langsung kami jalankan, masing-masing ternak akan mendapat suntikan vaksin sebanyak 2 ml,” imbuhnya.

Baca: Dispertan Kudus Tegaskan Daging Ternak Terpapar PMK Aman Dikonsumsi

Walau begitu, Sidi mengungkapkan ada sejumlah kriteria ternak yang boleh mendapatkan vaksin tersebut.Satu yang paling penting adalah hewan ternak tersebut tidak sedang terinfeksi PMK saat akan divaksin.

”Begitu pula kalau sudah sembuh atau gampangnya pernah kena, ini tidak bisa divaksin,” imbuhnya.

Untuk umur, Sidi menyampaikan hewan ternak minimal harus berusia dua pekan saat mendapat suntik vaksin. Hewan, juga tidak boleh dalam kondisi yang stress apalagi hewan ternak yang sedang bunting.

”Sementara dalam instruksi memang diprioritaskan sapi atau kerbau dulu, yang lainnya masih dalam kajian,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...