Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tentukan Hari Raya Iduladha, Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini

Tentukan Hari Raya Iduladha, Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini
Patauan hilal di Jepara (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) hari ini, Rabu (29/6/2022) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan Zulhijah 1443 H. Dengan penentuan awal Zulhijah itu, nantinya akan menentukan pula pelaksanaan Hari Raya Iduladha.

Dikutip dari unggahan Instagram @kemenag_ri, rangkaian sidang diawali dengan seminar posisi hilal sekira pukul 17.00 WIB. Untuk seminar ini, masyarakat bisa mengikuti melalui siaran langsung yang dilakukan oleh Kemenag.

Kemudian, pada pukul 18.15 WIB akan dilanjutkan dengan sidang isbat. Sidang tersebut dilakukan secara tertutup. Dalam sidang ini, rencananya para pemantau hilal akan melaporkan masing-masing pantauan di 86 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca: Tentukan Iduladha, Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijah pada 29 Juni 2022

Barulah setelah dua rangkaian itu rampung, Kemenag bakal mengumkan hasilnya dalam telekonferensi pers pada pukul 19.05 WIB.

Seluruh kegiatan di atas digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib juga telah menyampaikan, pihaknya akan menggelar sidang isbat pada Rabu 29 Juni 2022.

Baca: Ini 86 Lokasi Rukyatul Hilal Awal Zulhijah 1443 H yang Digelar Kemenag 29 Juni 2022

”Kami akan menggelar sidang isbat awal Zulhijah pada 29 Juni 2022,” kata Adib.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...