Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Alasan Desain HP Sekarang Hampir Mirip, Beda dengan Model Jadul ya

Ini Alasan Desain HP Sekarang Hampir Mirip, Beda dengan Model Jadul Dulu ya
Foto: Ilustrasi (zerotake dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Handphone atau HP merupakan salah satu kebutuhan penting saat ini. Tidak sekadar untuk komunikasi, fungsi HP saat ini bisa dipakai untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Hal ini cukup beralasan karena HP sekarang yang lazim disebut smartphone sudah berkembang jauh teknologinya. Di mana, HP bisa dipakai nonton film, bikin dan kirim video, foto atau suara serta masih banyak kelebihan lainnya.

Meski demikian, ada perbedaan antara HP sekarang dengan model jaman dulu atau jadul. Yakni, soal desainnya.

Baca juga: Ini Dia Bapak Handphone Dunia, Martin Cooper

HP sekarang desainnya sekilas hampir mirip. Sedangkan HP jadul, bentuknya beda-beda tiap merek sehingga sangat mudah dikenali.

Melansir dari laman dari Teknologi.id, HP sudah melewati berbagai transformasi dari desain yang beragam hingga menyesuaikan fitur yang saat ini semakin mumpuni.

Ini dapat dilihat dari perbedaan desain HP saat ini dengan model-model terdahulu. Pada tahun 2000-an, HP umumnya memiliki desain serta bentuk yang beragam dan variatif.

Hal tersebut didasari karena vendor dari setiap HP dapat meningkatkan penjualan produk mereka dengan desain dan bentuk yang memiliki ciri khas masing-masing. Bentuknya yang beragam dan variasinya yang banyak, konsumen dapat dengan mudah membedakan merek HP satu dengan lainnya.

Sebagai contoh adalah N-Gage, HP keluaran Nokia yang dirilis sekitar tahun 2003 yang berbentuk seperti trapesium dengan susunan keypad seperti joystick pada konsol game. Selain itu ada HP dari Motorola yaitu Motorola v70 yang memiliki desain unik karena menyerupai perangkat handy talky yang mempunyai bezel layar membulat dan terdapat antena sinyal.

Berbeda dengan dulu, HP keluaran sekarang ini tidak menemukan model-model ponsel keluaran lama. Karena kebanyakan HP yang dirilis saat ini memiliki desain yang hampir serupa secara umum.

HP keluaran teranyar memiliki dimensi berbentuk segi empat yang dilengkapi layar full touchscreen. Selain itu juga terdapat kamera depan berbentuk tir drop yang rata-rata HP memilikinya.

Adapun alasan kenapa HP saat ini memiliki desain yang hampir mirip satu sama lain adalah tak lepas dari pengaruh Apple. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini merilis iPhone mereka pada tahun 2007 silam yang mengusung desain berdimensi segi empat dan layar full touchscreen.

Selanjutnya pada kala itu iPhone juga telah mengurangi banyak tombol fisik yang ada pada produk mereka. Sementara itu vendor dari HP lain seperti BlackBerry dan Nokia yang masih disibukkan dengan desain yang lega serta berfokus di keyboard fisik qwerty.

Perubahan desain HP mulai terjadi setelah iPhone meraup kesuksesan. Perlahan HP mulai mengalami pergesaran fokus yang awalnya memiliki bentuk bervariasi menjadi seperti sekarang ini.

HP zaman sekarang lebih menonjolkan aspek fungsinya melebihi bentuk fisik. Hal itu juga tak lepas dari kesuksesan iPhone generasi pertama yang dirancang menjalankan beragam fungsi serta memenuhi kebutuhan dari pengguna baik dari bisnis hingga hiburan.

Oleh karena itu Apple beranggapan jika menerapkan desain seperti itu dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang akan terus berkembang beriringan dengan berkembangnya teknologi.

HP dengan desain seperti saat ini lebih fungsional karena dapat menonton video, membaca hingga bermain game. Penggunanya dapat dengan nyaman menjalankan berbagai aktivitas karena HP saat ini memiliki layar full screen dan memiliki ruang yang lebih luas dibandingkan HP yang memiliki banyak tombol fisik.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: teknologi.id

Comments
Loading...