Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Yogyakarta

Ini Syarat dan Cara Daftarkan Kendaraan Agar Bisa Beli BBM Subsidi

Kendaraan tengah mengisi BBM di salah satu SPBU di Jepara. (Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Yogyakarta – Pertamina segera memberlakukan kebijakan membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan menggunakan aplikasi Mypertamina pada Juli mendatang.

Namun sebelum itu, PT Pertamina Patra Niaga akan melakukan pendataan sekaligus verifikasi kendaraan roda empat atau lebih yang berhak mendapat bbm subsidi dari pemerintah itu di sejumlah kota/kabupaten percobaan, salah satunya di Kota Jogja.

Masyarakat di kota tersebut pun kemudian diminta mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id. Usai mendaftar, mereka akan mendapatkan QR Code khusus yang nantinya akan digunakan pada saat pembelian produk Pertalite dan Solar di SPBU Kota Yogyakarta.

QR Code tersebut akan diperoleh setelah data kendaraan yang didaftarkan telah terkonfirmasi cocok dan sesuai kriteria untuk membeli produk subsidi Solar maupun penugasan Pertalite.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho menyampaikan, pendaftaran kendaraan tersebut dapat dilakukan di mana saja dengan melalui perangkat apapun.

”Konsumen bisa mendaftar di mana saja, bik melalui komputer, laptop, ataupun handphone langsung saja mengakses website subsiditepat.mypertamina.id,” ucapnya Selasa (28/6/2022).

Brasto menambahkan, ada beberapa berkas administraso yang harus disiapkan terlebih dahulu oleh calon pendaftar. Adapun syaratnya adalah foto diri, KTP, STNK, foto kendaraan, dan foto nomor polisi kendaraan yang akan diunggah ke webside.

”Kalau pembayarannya masih sama, bisa pakai tunai, kartu kredit/debit, atau mekanisme pembayaran non tunai, termasuk dengan aplikasi MyPertamina,”  imbuhnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan memiliki pertanyaan terkait pendaftaran tersebut, Brasto menyarankan agar dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Diberitakan sebelumnya, mulai 1 Juli 2022, warga yang berhak untuk mendapatkan BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar, harus mendaftaran diri terlebih dahulu di aplikasi Mypertamina. Apabila tidak terdaftar dalam aplikasi tersebut, maka SPBU tidak akan melayani pembelian pertalite itu.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan, untuk memastikan mekanisme penyaluran makin tepat sasaran, maka PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga, berinisiatif melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...