Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dapat 5 Ribu Dosis Vaksin PMK, Grobogan Langsung Gelar Penyuntikan

Dapat 5 Ribu Dosis Vaksin PMK, Grobogan Langsung Gelar Penyuntikan
Kepala Disnakkan Grobogan memimpin vaksinasi PMK di Desa Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (28/6/2022). (Murianews/Istimewa Disnakkan Grobogan)

MURIANEWS, Grobogan – Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah mendapatkan jatah vaksin penyakit mulut dan kukut (PMK) pada ternak sebanyak 5000 dosis. Vaksin tersebut didapatkan hari ini (28/6/2022).

Usai mendapatkan kuota vaksin itu, Pemkab Grobogan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat langsung melakukan penyuntikan. Dosis sebanyak itu ditargetkan habis hingga Jumat (1/7/2022).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan Riyanto mengatakan, vaksinasi PMK pertama dilakukan di Desa Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Vaksinasi diutamakan untuk ternak besar seperti sapi dan kerbau.

Baca: Kena PMK, Delapan Sapi di Grobogan Mati

”Kemarin-kemarin yang kena sudah diobati dengan vitamin dan antibiotik. Tapi pencegahan yang efektif kan melalui vaksinasi,” terangnya.

Dosis vaksin untuk Grobogan, lanjut Riyanto, nantinya disesuaikan dengan jumlah ternak yang ada. Adapun ternak di Grobogan yakni sebanyak 207 ribu ekor. Dengan target vaksinasi 80 persen, maka setidaknya butuh 180 ribu dosis untuk penyuntikan pertama.

”Nantinya akan sama seperti Covid, terdapat dosis kedua untuk masing-masing ternak. Targetnya kan 80 persen ternak divaksinasi. Jadi, dalam setahun, kebutuhannya ada sekitar 360 ribu dosis untuk dua kali penyuntikan,” paparnya.

Dalam vaksinasi tersebut, pihaknya melibatkan 40 vaksinator. Mereka terdiri dari 20 petugas yang menyuntik dan 20 petugas pencatat.

Jatah 5 ribu vaksin tersebut nantinya disuntikkan pada ternak di 20 desa yang tersebar di 10 kecamatan. Masing-masing kecamatan dua desa.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.