Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kelurahan Sunggingan Kudus Masuk Tiga Besar Lomba Desa Kelurahan di Jateng

Kelurahan Sunggingan Kudus Masuk Tiga Besar Lomba Desa Kelurahan di Jateng
Bupati Kudus HM Hartopo bersama tim penilai saat meninjau produk-produk UMKM khas Sunggingan Kudus, (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kelurahan Sunggingan di Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, masuk dalam tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Jawa Tengah tahun 2022 ini. Kudus dalam hal ini akan bersaing dengan Kelurahan Purwosari, Kota Semarang dan Kelurahan Jebres, Kota Surakarta.

”Alhamdulillah Sunggingan ini kemarin mewakili Kudus dan bisa masuk tiga besar tingkat Provinsi. Ini tadi sudah diverifikasi dari Pemprov Jateng, semoga hasilnya baik,” kata Bupati Kudus HM Hartopo di sela kunjungannya di Desa Sunggingan, Selasa (28/6/2022).

Hartopo mengungkapkan, produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari kelurahan tersebut memang telah melegenda. Sehingga tidak salah ketika mereka masuk tiga besar dalam lomba desa ini.

”Masyarakat Kelurahan Sunggingan itu sangat aktif, dari dulu sudah terkenal punya produk unggulan. Sekarang makin banyak macamnya dan bagus semua,” imbuhnya.

Baca: Kajar dan Sunggingan Wakili Kudus di Lomba Desa Tingkat Jateng

Selain UMKM, Hartopo menyebut jika Kelurahan Sunggingan punya banyak pesona yang harus dieksplor oleh tim penilai. Hartopo optimis, Kelurahan Sunggingan bisa meraih hasil yang maksimal.

”Di sini masyarakatnya harmonis. Pemberdayaan masyakaratnya maju dan pemimpinnya sangat peduli. Semoga nanti bisa meraih hasil optimal,” tandasnya.

Pelaksana Harian (Plh) Lurah Sunggingan, Herdjini mengungkapkan telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk penilaian evaluasi.

”Kami sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mempersiapkan ini dan semoga hasilnya bisa seperti apa yang diharapkan,” katanya.

Baca: Desa Gulang Juarai Lomba Kampung Siaga Candi Polres Kudus

Sebagai informasi, setelah mengirim berkas-berkas pendukung terkait indikator penilaian, Kelurahan Sunggingan Kabupaten Kudus dinyatakan masuk nominasi bersama dua kelurahan lainnya yakni Kelurahan Purwosari Kota Semarang dan Kelurahan Jebres Kota Surakarta.

Terdapat sekitar 18 penilai untuk Lomba Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini. Adapun indikator penilaiannya antara lain bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling).

Kemudian ada Kelompok Bermain (KB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), rumah sehat, kebun gizi, bank sampah, dan lain sebagainya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Cholis Anwar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.