Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Longsor, Tebing 10 Meter di Karangayar Nyaris Timpa Rumah Warga

Warga bersama sukarelawan membersihkan material longsoran tebinh di Balong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar pada Senin (27/6/2022) pagi. (Istimewa/Sukarelawan)

MURIANEWS, Karanganyar — Musibah longsor kembali terjadi di Karanganyar, Minggu (26/6/2022) malam. Tebing setinggi 10 meter diDesa Balong, Jenawi, Karanganyar ambrol dan nyaris menimpa rumah warga.

Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Saat ini material longsor tengah dibersihkan warga dibantu sejumlah relawan.

Baca: Innalillahi… Bocah 10 Tahun di Karanganyar Meninggal Tertimbun Longsor

Koordinator Sukarelawan Jenawi, Kris Bintoro mengatakan, longsor terjadi di Dukuh Gunungngaten RT 5 RW IV Desa Balong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar sekitar pukul 23.00 WIB.

Longsor terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras pada sore hari. ”Tebing longsor selebar dua meter dengan ketinggian tebing 10 meter,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Senin (27/6/2022).

Akibat longsor tersebut, sebagian bangunan rumah warga rusak dan mengalami retak-retak. Saat kejadian, sejumlah warga bahkan mengungsi lantaran khawatir akan adanya longsor susulan.

”Tapi saat ini semua sudah kembali. Kami sudah berpesan, kalau ada hujan lagi untuk mengungsi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagoes Darmadi mengatakan telah menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak bencana tanah longsor di Balong Jenawi.

Baca: Longsor Banjarnegara Tewaskan Dua Orang, Begini Kronologinya

Dia juga meminta warga meningkatkan kewaspadaan dini terhadap ancaman bencana mengingat curah hujan tinggi sepekan mendatang. Prakiraan tersebut sesuai dengan informasi yang diterima BPBD dari BMKG.

“Curah hujan diperkirakan masih tinggi. Kami minta masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap kerawanan bencana alam seperti banjir, angin kencang, dan tanah longsor,” ujarnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.