Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ternak-Ternak di Jepara Mulai Divaksin PMK

Ternak-Ternak di Jepara Mulai Divaksin PMK
Penyuntikan vaksin PMK pada ternak di Desa Sumanding Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah mulai menyuntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hari ini, Senin (27/6/2022), ada 160 ternak yang disuntik.

Penyuntikan vaksin pertama dilakukan di Desa Bucu, Kecamatan Kembang. Sebagai permulaan, penyuntikan dilaksanakan di kandang kelompok peternak setempat.

Kickoff penyuntikan itu dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta. Setelah itu, puluhan sapi di kandang itu disuntik beberapa dokter hewan.

Baca: Pasar Hewan di Jepara Tetap Ditutup Meski Kesembuhan dari PMK Tinggi

”Semoga bisa sembuh. Terbebas dari PMK semua,” kata Edy sambil menyuntik seekor sapi.

Edy menyebut, saat ini Jepara memiliki 3000 dosis vaksin PMK. Itu akan disuntikkan ke sejumlah titik yang sudah ditentukan.

Edy mengatakan bahwa stok vaksin tersebut jauh dari kebutuhan. Sebab, populasi sapi di Jepara lebih dari 55 ribu ekor.

”Yang suspek sekarang mencapai 1.100 ekor. Kebutuhan vaksin kita tentu lebih besar,” kata Edy.

Untuk peternak lain yang ingin mendapatkan vaksin PMK, Edy menganjurkan agar mendaftar ke Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP).

”Sementara ini kita suntikkan vaksin yang ada dulu. Nanti sambil kita ajukan permintaan lagi. Juga kita anggarkan untuk mendapatkan vaksin lebih banyak dari ini,” jelas Edy.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...