Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 26 Juni: Pramoedya Ananta Toer Menerima Hadiah Utama di Penghargaan Kebudayaan Asia Fukuoka ke-11

Catatan Sejarah Tanggal 26 Juni: Pramoedya Ananta Toer Menerima Hadiah Utama di Penghargaan Kebudayaan Asia Fukuoka ke-11
Foto: Pramoedya Ananta Toer (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 26 Juni dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 26 Juni yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

363

Kaisar Romawi Flavius Claudius Julianus tewas saat bertempur melawan pasukan Kekaisaran Sasaniyah dalam Pertempuran Samarra di Samarra, Mesopotamia atau kini Irak. Jenderal militer Romawi Jovianus lantas ditunjuk menjadi kasar menggantikan Julianus.

1522

Pasukan Kesultanan Ottoman memulai mengepung Pulau Rhodes untuk kali kedua. Pengepungan dilakukan demi merebut Pulau Rhodes dari tangan Ksatria Rhodes dan berlangsung hingga 22 Desember dengan kemenangan pasukan Kesultanan Ottoman.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 25 Juni: Kongres Bahasa Indonesia I Dilangsungkan di Solo Tahun 1938

1944

Pertempuran Osuchy antara pasukan Jerman dan pasukan pemberontak Polandia di Solska Wilderness, dekat Osuchy, Polandia berakhir dengan kemenangan Jerman. Pertempuran tersebut adalah pertempuran terbesar antara pasukan Jerman dan pasukan pemberontak Polandia.

1945

Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ditandatangani di San Francisco, Amerika Serikat (AS) oleh 50 negara anggota PBB. Piagam tersebut adalah adalah perjanjian dasar PBB. Semua anggota terikat oleh isi piagam PBB yang mulai berlaku pada 24 Oktober 1945.

1963

Presiden Amerika Serikat J.F. Kennedy mengunjungi Tembok Berlin pada 26 Juni dan dalam pidatonya di depan penduduk Berlin Barat, J.F Kennedy mengucapkan kalimat “Ich bin ein Berliner” (saya adalah orang Berlin) yang ternama.

1968

Paolo Maldini dilahirkan di Milan, Italia. Namanya kemudian dikenal sebagai legenda sepak bola di Italia. Selama kariernya, ia hanya membela satu klub, yakni AC Milan, dari 1985 sampai 2009.

1977

Penyanyi rock n roll asal Amerika Serikat (AS), Elvis Presley, tampil untuk kali terakhir dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana, AS. Sebelum pada 16 Agustus 1977, Elvis ditemukan meninggal di rumahnya akibat serangan jantung.

1991

Menyusul deklarasi kemerdekaan Slovenia dua hari sebelumnya, Tentara Rakyat Yugoslavia memulai perang demi mengembalikan Slovenia menjadi bagian dari Yugoslavia. Perang tersebut dimenangi pihak Slovenia. Perjanjian damai antara Yugoslavia ditandatangani pada 7 Juni.

1993

Ariana Grande-Butera di Boca Raton, Florida, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai seorang penyanyi dan aktris ternama di AS. Ariana Grande memulai kariernya sebagai aktris sejak 2009, sedangkan kariernya sebagai penyanyi ia mulai sejak 2011.

2000

Pramoedya Ananta Toer menerima hadiah utama di Penghargaan Kebudayaan Asia Fukuoka ke-11. Pramoedya Ananta Toer (6 Februari 1925 – 30 April 2006), secara luas dianggap sebagai salah satu pengarang yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 42 bahasa asing.

2001

Presiden Indonesia K.H. Abdurrahman Wahid menunda melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Australia John Howard di Canberra, Australia. Pertemuan itu bertujuan untuk memperbaiki hubungan bilateral kedua negara.

2007

Tiongkok mengumumkan telah menyelesaikan pembangunan jembatan laut terpanjang di dunia. Jembatan itu terbentang 22,5 mil melintasi Teluk Hangzhou di Laut Tiongkok Timur. Jembatan tersebut dibuka pada 2008 setelah pembangunan jalan di sekitarnya selesai.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...