Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Musdalub Ikadin Jateng Diwarnai Kericuhan dan Aksi Walk Out

Musdalub Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) ricuh (Murianews/Ikadin)

MURIANEWS, Semarang  – Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jawa Tengah di Hotel Gumaya Tower Hotel Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/6/2022), diwarnai aksi ricuh dan walk out para peserta Musdalub.

Hal tersebut dikarenakan pimpinan sidang dinilai bersikap tidak netral terhadap semua bakal calon Ketua DPD Ikadin Jateng. Kondisi itu juga sempat membuat ruangan Musdalub memanas hingga ricuh.

Dalam Musdalub sendiri, ada tiga bakal calon ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jateng, yakni Arif Agung Wiranata, Taufik Hidayat, dan Aan Tawli.

Salah satu kandidat Ketua DPD Ikadin Arief Agung Wiranata melalui rilis yang diterima Murianews, menilai ketua carteker sekaligus pimpinan sidang, yakni Rusdin Ismail bersikap tidak netral. Dia juga dirasa tidak adil terhadap semua bakal calon ketua DPD Ikadin Jateng.

”Pimpinan sidang justru condong berkampaye untuk salah satu bakal calon ketua DPD Jateng. Hal ini tentunya tidak diharapkan dari seorang pengurus DPP Ikadin Jateng yang sekaligus mengemban amanah sebagai ketua carteker dan pimpinan sidang Musdalub,” katanya.

Arief, juga menilai panitia Musdalub melakukan kecerobohan yang fatal karena memasukan 18 anggota Ikadin dari DPC Demak yang seharusnya tidak berhak ikut dalam sidang. Buruknya lagi, menurut Arief, mereka kemudian membuat onar sidang.

Hal itulah, yang menjadi awal terjadinya keributan yang memicu emosi peserta sidang hingga nyaris adu jotos antara peserta sidang Musdalub.

”Akhirnya, sembilan DPC Ikadin se-Jateng dan peserta sidang melakuan walkout itu tadi dan menolak hasil Musdalub Ikadin Jateng tersebut,” tegasnya.

Ketua DPC Kudus Agus Suparyanto menambahkan pihaknya telah memperingatkan pimpinan sidang dan memberikan masukan supaya pimpinan sidang bersikap adil dan santun serta tidak berpihak terhadap salah satu bakal calon ketua DPD Ikadin.

Akan tetapi, kata dia, Pimpinan Sidang Rusdin Ismail tidak mengindahkan peringatan dan masukannya. Sehingga terjadilah keributan dan emosi peserta Musdalub hingga akhirnya walkout.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...