Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Imunisasi 63 Ribu Balita di Pati Tertunda

Imunisasi 63 Ribu Balita di Pati Tertunda Gegara Pandemi
Aviani Tritanti Venusia, saat menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Jumat (24/6/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Gegara pandemi, penyuntikan imunisasi pada 63 ribu balita di Kabupaten Pati, Jawa Tengah tertunda. Itu diungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia.

”Ada yang kemarin yang tertunda dari macam-macam kelompok umur ada 63 ribu sasaran,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Jumat (24/6/2022).

Sebenarnya, lanjut Aviani, program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Keluarga Berencana masih berjalan saat pendemi Covid-19. Namun selama Covid-19 marak, banyak balita yang tidak datang untuk mengikuti imunisasi.

Baca: Ada Orang Tua Tak Percaya Imunisasi, Begini Kata Ganjar

”Waktu pandemi sebenarnya (Posyandu) tetap dijalankan. Cuma (balita) tidak datang. Karena waktu itu mungkin ada zona merah (pandemi Covid-19). Balitanya ndak datang jadi banyak yang tertunda,” kata Aviani.

Untuk mengatasi ini, pihaknya mulai menggalakkan imunisasi lagi. Pemerintah Provinsi memerintah pihaknya mulai mengenjot imunisasi pada Juli-Agustus. Tetapi, pihaknya sudah mulai pada Juni ini.

”Kami galakkan untuk yang tertunda kemarin, Juni-Agustus. Sebenarnya mulai Juli tapi kita start lebih awal. (Saat ini) sudah ada ribuan yang didapatkan,” tutur Aviani.

Diharapkan puluhan ribu balita ini bisa mengikuti imunisasi sehingga kekebalannya meningkat dan terhindar dari berbagai virus.

”Imunisasi rutin yang mereka belum. Seperti polio, DPT (difteri, pertusis, dan tetanus) yang mereka belum, diimunisasi sekarang,” tandas dia

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...