Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Banten

Viral Polisi Tidur Hingga 20 Baris Bikin Pengendara Bergoyang

Viral Polisi Tidur Hingga 20 Baris Bikin Pengendara Bergoyang
Polisi tidur berjejer hingga 20 unit (detik.com)

MURIANEWS, Tangerang – Sebuah video viral di jagat maya yang menunjukkan adanya polisi tidur speed bump berjejer hingga 20 baris. Rupanya, puluhan polisi tidur yang berjejer itu berada di kawasan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Kapolsek Mauk AKP Yono Taryono membenarkan soal polisi tidur itu. Yono mengatakan pihaknya bersama Kades Banyu Asin dan Camat Mauk membongkar kembali polisi tidur itu setelah dikeluhkan oleh warga.

”Iya betul. Itu memang dikeluhkan oleh warga, karena pemasangannya tidak sesuai standar dan justru malah berpotensi menimbulkan kecelakaan,” kata Yono, dikutip dari detik.com, Sabtu (25/6/2022).

Yono mengatakan, polisi tidur yang dibangun di sekitar lokasi tersebut mencapai 20 baris di sepanjang jalan yang mencapai 20 meter.

Baca: Ini Tips Aman Berkendara Motor saat Melewati Polisi Tidur

”Kalau tidak salah ada 20-an (polisi tidur) itu ya sepanjang sekitar 20 meteran. Yang masang ya tukang. Miskomunikasi aja antara tukang dengan yang nyuruh itu ada ketua yayasan SDIT di situ,” jelas Yono.

Dia juga menjelaskan, aturan soal pembuatan polisi tidur alias speed bump tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 82 Tahun 2018. Hal ini diatur dalam Pasal 58.

”Pembuatan Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan dilakukan oleh badan usaha yang memenuhi persyaratan dan telah dilakukan penilaian oleh Direktur Jenderal sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” tulis Permenhub tersebut.

Baca: Perempuan di Grobogan Nekat Tiduran di Rel saat Kereta Melintas

Adapun ketentuan polisi tidur adalah terbuat dari bahan badan jalan, karet, atau bahan lainnya yang memiliki pengaruh serupa. Kemudian memiliki ukuran tinggi antara 8 sampai dengan 15 sentimeter, lebar bagian atas antara 30 sampai dengan 90 sentimeter, dengan kelandaian paling banyak 15 persen

Selanjutnya memiliki kombinasi warna kuning atau putih berukuran 20 sentimeter dan warna hitam berukuran 30 sentimeter.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...