Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Enam Alasan Memilih Semarang untuk Memulai Bisnis

Ilustrasi: Lawang Sewu, yang jadi salah satu ikon Kota Semarang (heritage.kai.id)

MURIANEWS, Semarang – Kota Semarang menjadi salah satu wilayah yang potensial untuk memulai usaha. Bukan tanpa sebab, Semarang kini mulai berkembang menuju kota metropolitan, yang menawarkan peluang meraup pundi-pundi rupiah melalui dunia bisnis.

Setidaknya ada Enam alasan mengapa Kota Semarang cocok untuk memulai bisnis baru.

1. Akses Mudah

Sejak zaman pendudukan Belanda, Semarang sudah menjadi wilayah penting. Semarang mempunyai jalur distribusi memadai yang menghubungkan kota besar maupun kecil melalui jalur darat, udara, dan laut. Kamu bisa menjangkau Semarang menggunakan jalan raya, jalur tol, jalur kereta api, atau bandar udara.

Akses lengkap ini memudahkan menjangkau pasar terpencil. Lantaran mempunyai akses langsung ke Laut Jawa, Semarang memudahkan proses distribusi barang ke pasar internasional.

Tak hanya itu saja, adanya akses lengkap juga akan membuat pengusaha lebih mudah melakukan proses pengadaan barang. Kemudahan akses ini bisa kamu manfaatkan untuk meraih peluang potensial.

2. Lokasi Istimewa

Terletak di pantai utara, lokasi Semarang sangat strategis. Selain dekat dengan sejumlah kota penting, Semarang juga diapit pasar domestik terbesar, yakni Jakarta dan Surabaya.

Semarang dikenal sebagai provinsi yang memiliki tanah subur. Produk pertanian andalannya adalah padi basah. Lantaran menghasilkan nasi berkualitas tinggi, cukup banyak pebisnis yang membuka usaha kuliner. Mulai dari warung nasi, kafe, hingga restoran.

3. Kawasan Industri

Semarang juga dikelilingi oleh kawasan industri. Mulai dari Kawasan Industri Candi, Kawasan Industri Terboyo, Kawasan Industri Wijayakusuam. Selain itu juga dengan Kawasan Industri Kendal.

Kondisi ini menjadi peluang untuk memulai bisnis baru di bidang industri tekstil, kimia, perdagangan, perhotelan, dan F&B (Food and Beverages).

4. Harga Sewa Bangunan Lebih Terjangkau

Ketika hendak memulai bisnis offline maupun digital business, bangunan untuk dijadikan sebagai kantor ataupun gudang akan menjadi pertimbangan. Di Semarang, harga sewa bangunan cukup terjangkau. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan perusahaan besar memilih untuk berbisnis di Semarang.

5. Mendapat Dukungan Pemerintah

Pelaku bisnis di Semarang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Hal ini tak lepas dari tujuan pemerintah untuk mendorong angka pertumbuhan bisnis nasional.

Bentuk dukungan yang diberikan pemerintah hadir dalam beragam bentuk. Beberapa di antaranya adalah subsidi bunga, pembiayaan investasi, penjaminan loss limit kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta kemitraan usaha menengah dan besar.

Baca: Bisnis Pertashop, Ini Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

Pemerintah juga merancang program Gernas (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia). Program ini dirancang untuk mendorong UMKM menerapkan digital business. Harapannya, jumlah UMKM yang telah go digital mencapai 30 juta di tahun 2030.

6. Peluang SDM Besar

Bisnis usaha di Semarang didukung dengan tenaga kerja yang melimpah. Hal ini tak lepas  dari terjadinya migrasi besar-besaran dari daerah lain.

Calon investor tak akan kesulitan untuk mencari tenaga kerja sesuai kualifikasi. Biaya upah tenaga kerja di Semarang juga lebih rendah dibandingkan Jakarta.

Peluang SDM ini menurut Boto Simatupang, Campus Director BINUS @Semarang, menjadi daya tarik tersendiri bagi calon investor. Oleh karenanya, pihaknya juga berupaya untuk mendidik SDM untuk membangun bisnis kelas dunia.

”Lulusan BINUS @Semarang ditargetkan bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Untuk mencapai target tersebut BINUS @Semarang memiliki Program (2+1)+1, yang membekali mahasiswa belajar dua tahun di BINUS @Semarang, satu tahun di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain, dan satu tahun mengikuti satu dari tujuh program enrichment yang ada,” ujarnya.

Baca: Museum Kota Lama Diresmikan, Bisa Jadi Destinasi Wisata Baru di Semarang

Pihaknya juga membimbing mahasiswa untuk membangun start-up sekaligus dipertemukan dengan para calon investor.

”Diharapkan ke depannya, dengan berkembangnya ekosistem bisnis di kota Semarang, para generasi muda dapat menjadi siap untuk menjadi motor penggerak untuk semakin memajukan perekenomian di Semarang dan Jawa Tengah,” pungkasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: BINUS @Semarang

Comments
Loading...