Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Thailand Merajai Nomor Beregu, Rebut Gelar Juara Putra dan Putri di SEATTC 2022

Tenis Meja ASEAN
Timnas Tenis Meja Indonesia Putri. (Murianews/Budi erje)

MURIANEWS, Bangkok – Tim Thailand merajai turnamen SEATTC (Southeast Asian Table Tenis Championship) 2022 untuk nomor beregu. Di pertandingan final yang berakhri pada Jumat (24/6/2022) malam, di Island Hall, Fashion Hall, Bagkok, mereka menang di kelompok putra dan putri.

Tim Thailand Putri, yang diperkuat dua bersauara Suthasini dan Jinipa Sawettabut menang 3-1 atas Singapura. Dalam pertandingan yang berlangsung hampir 3 jam itu, Suthasini Sawettabut dan Jinipa Sawettabut membawa timnya menang.

Sedangkan di kelompok Putra, Timnas Thailand yang sebelumnya ‘nyaris’ tak lolos dari babak penyisihan grup, berhasil ‘menggila’ di pertandingan final melawan Malaysia. Mereka menang secara dramatis, 3-2.

Kemenangan ini sekaligus menjadi revans bagi Tim Thailand atas Malaysia. Sebab di babak penyisihan Grup B sebelumnya, Thailand mengalami kekalahan 2-3. Grup B memang menjadi grup neraka di turnamen kali ini bagi Thailand.

BACA JUGA: Kejuaraan Tenis Meja ASEAN, Jadi Momen Terakhir Kebersamaan Lee Ki Wong

Di Grup B, Malaysia akhirnya keluar sebagai juara setelah menang atas Thailand dan Vietnam. Sementara Thailand ‘nyaris’ saja tidak lolos ke Semifinal, setelah mendapati perlawanan Vietnam yang luar biasa.

Namun spirit juara dan tuan rumah membuat Thailand mampu bangkit mendapatkan kekuatan. Melawan Vietnam di penyisihan grup mereka berhasil menang 3-2 untuk memesan tiket ke semifinal. Lalu di semifinal mereka mengalahkan Singapura dengan 3-1, sebelum membalas kekalahan dari Malaysia di Final.

Pertandingan Final Putra antara Thailand Vs Malaysia menjadi pertandingan terakhir di Island Hall, Jumat (24/6/2022). Pertandingan ini memakan waktu melampaui perkiraan yang direncanakan. Hal ini bisa menjadi gambaran betapa ketatnya persaingan dua tim finalis ini.

Malaysia sempat diatas angin setelah pemainnya Leong Chee Feng berhasil menang atas Sarayut Tancharoen, 3-1. Kemenangan ini membawa Malaysia unggul 1-0 di skor tim atas Thailand.

Namun pemain senior Thailand Padasak Tanviri dengan pengalamannya yang luar biasa, membawa Thailand menyamakan skor tim menjadi 1-1. Pemain ini menang 3-2 atas Choong Javen di pertandingan kedua.

Selanjutnya, Malaysia kembali merebut poin dari pertandingan ketiga saat pemainnya Wong Qi Shen berhasil menang 3-2 atas Phakpoom Sanguansin. Dengan demikian Malaysia kembali memimpin 2-1 di skor tim.

Di pertandingan ke-4, kembali pemain veteran Thailand Padasak Tanviri ‘menyelamatkan’ timnya terhindar dari kekalahan. Menghadapi Leong Chee Feeng pemain kawakan Thailand ini berhasil menang 3-2 untuk membuat Thailand menyamakan skor 2-2 di Skor Tim.

Di laga penentuan, Sarayut Tancharoen yang sempat kehilangan poin di pertandingan pertama di final ini, memberikan kemenangan penting bagi Thailand. Pemain ini menjadikan Choong Javen menjadi kartu mati bagi Malaysia. Sarayut menang 3-2, dan memastikan Thailand meraih gelar juara.

Usai pertandingan Thailand Vs Malaysia, upacara penyerahan medali dilakukan di Island Hall. Seperti halnya di kelompok Cadet dan Junior, Thailand kembali mendominasi dengan meraih 2 medali emas di sektor putra dan putri.

Sementara itu, Tim Indonesia di level senior harus berlega hati setelah mendapatkan medali perunggu. Tim Indonesia Putra dan Indonesia Putri mendapatkan medali perunggu, setelah sama-sama mencapai semifinal.

Pencapaian Tim Putri, sedikit lebih baik dibanding Tim Putra. Sebab di level Junior, Tim Putri Indonesia juga berhasil menembus semifinal. Sementara Tim Putra sudah tersingkir di babak penyisihan grup.

Hasil-Hasil SEATTC 2022 :
Tim Putra
Juara | Thailand |
Runner-up | Malaysia |
Posisi ke-3 | Indonesia | Singapura

Tim Putri
Juara | Thailand |
Runner-up | Singapura |
Posisi ke- 3 |Indonesia | Malaysia

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.