Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 24 Juni: Kolonel Gamal Abdel Nasser Terpilih sebagai Presiden Mesir Tahun 1956

Catatan Sejarah Tanggal 24 Juni: Kolonel Gamal Abdel Nasser Terpilih sebagai Presiden Mesir Tahun 1956
Foto: Gamal Abdel Nasser (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 24 Juni dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 24 Juni yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

217 SM

Pasukan Romawi dipimpin Gaius Flaminius dikalahkan pasukan Carthage pimpinan Hannibal dalam Pertempuran Trasimene di dekat Danau Trasimene, Italia. Pasukan Romawi kehilangan 30.000 tentaranya, sedangkan pasukan Carthage hanya kehilangan 4.000 tentaranya.

1230

Pasukan Kerajaan Kastilia mulai menyerang wilayah Jaen, yang kini menjadi bagian Spanyol, demi merebutnya dari Pasukan Pertahanan Jayyan. Serangan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dan berakhir dengan kegagalan Kastilia menguasai Jaen.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 23 Juni: Sir Andrew Wiles Berhasil Membuktikan Teorema Terakhir Fermat Tahun 1993

1497

Seorang penjelajah asal Italia, John Cabot, berhasil mendarat di kawasan Amerika bagian utara bersama awak kapalnya. Banyak yang berpendapat John Cabot mendarat di kawasan yang kini disebut dengan nama Newfoundland.

1509

Henry VIII dinobatkan sebagai raja Inggris dan Irlandia. Ia adalah Raja Inggris pertama yang menguasai Irlandia. Henry VIII juga melanjutkan kekuasaan para penguasa Inggris atas Kerajaan Prancis.

1571

Penjelajah asal Spanyol, Miguel Lopez de Legazpi, menetapkan Manila sebagai ibu kota Hindia Timur kekuasaan Spanyol. Miguel Lopez adalah penjelajah pertama yang mendirikan permukiman orang Spanyol di Hindia Timur atau dikenal sebagai Asia Tenggara.

1779

Pasukan Prancis dan Spanyol memulai Pengepungan Gibraltar untuk mengambil alih kekuasaan di Selat Gibraltar dari Inggris. Pada akhirnya, Prancis dan Spanyol yang telah melakukan pengepungan selama hampir empat tahun itu gagal merebut kekuasaan di Selat Gibraltar.

1913

Yunani dan Serbia membatalkan persekutuan mereka dengan Bulgaria. Keputusan tersebut lantas memicu meletusnya Perang Balkan Kedua.

1943

Pertempuran Bamber Bridge meletus di Bamber Bridge, Lancashire, Inggris. Pertempuran tersebut dipicu penangkapan tentara Inggris berkulit hitam yang dianggap memberontak oleh polisi militer Amerika Serikat (AS).

1956

Kolonel Gamal Abdel Nasser terpilih sebagai presiden Mesir. Gamal Abdul Nasir (15 Januari 1918-8 September 1970) merupakan presiden kedua Mesir, dan mungkin merupakan salah seorang negarawan Arab yang paling terkemuka dalam sejarah.

Gamal Abdul Nasser dilahirkan di Iskandariah (Alexandria) dan aktif dalam gerakan Mesir menentang penjajahan dan kekuasaan asing ketika di Akademi Militer. Gamal Abdul Nasser berpangkat Mayor ketika terlibat dalam Perang Kemerdekaan Israel pada tahun 1948.

1987

Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Barcelona. Messi juga dikenal sebagai pemain yang telah meraih banyak trofi Ballon D’Or.

2005

Baku tembak antara polisi dan kelompok pemberontak Maois terjadi di Bihar, India setelah sekitar seratus pemberontak menyerang sebuah kantor polisi dan dua bank. Dari kejadian itu, dua warga sipil, dua polisi, dan 16 anggota kelompok pemberontak meninggal.

2006

Perdana Menteri Phan Van Khai, Presiden Tran Duc Luong dan Ketua Dewan Nasional Nguyen Van An mengundurkan diri. Anggota-anggota Dewan Nasional Vietnam mendukung penuh pengunduran diri ketiganya pada 24 Juni.

2007

Sepupu Saddam Hussein, Ali Hassan al-Majid yang dijuluki “Ali Kimia” dan dua orang anggota rezim lainnya, dijatuhi hukuman gantung karena dituduh membantai hingga 180.000 warga Kurdi dengan senjata kimia.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...