Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

371 Koperasi di Jepara Diambang Kebangkrutan

ILUSTRASI

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 371 koperasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tengah berada dalam kondisi tidak sehat. Bahkan, banyak di antaranya yang kini diambang pailit atau bangkrut.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Jepara Samiadji, menyebut hingga kini ada 691 koperasi yang terdaftar aktif di Jepara. Mereka ada yang sudah terdaftar lama, ada pula yang baru beberapa tahun.

”Yang terdaftar 691 koperasi. 50 persen di antaranya kondisinya bagus,” kata Samiadji, Jumat (24/6/2022).

Samiadji mengungkapkan, kini terdapat 320 koperasi yang terpantau dalam kondisi sehat. Namun, ada 371 koperasi yang terancam pailit.

Baca: Ratusan Koperasi di Pati Dibubarkan

Sejak tahun 2020 lalu, ada sekitar 20 koperasi yang mengajukan pembubaran. Namun, karena mekanisme pembubaran hanya bisa dilakukan pemerintah pusat, Samiadji tak bisa berbuat banyak.

”Kami hanya menerima usulan pembubaran. Kemudian kami laporkan ke pemerintah pusat,” terang Samiadji.

Sejauh ini, Samiadji sudah melakukan pengawasan rutin terhadap koperasi-koperasi yang terdaftar. Ada tiga orang yang menjadi pengawas yang diturunkan.

”Ada beberapa kelompok yang ini mendirikan koperasi baru. Namun kami minta harus berhati-hati. Supaya tidak terjerat pailit,” pungkas Samiadji.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...