Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Komisi V DPR RI Bakal Realisasikan Usulan Bupati Grobogan, Mulai Perbaikan Jalan Rusak hingga Penataan Wisata

Komisi V DPR RI Bakal Realisasikan Usulan Bupati Grobogan, Mulai Perbaikan Jalan Rusak hingga Penataan Wisata
Anggota Komisi V DPR RI melangsungkan kunker spesifik di Kabupaten Grobogan, Jumat (24/6/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Komisi V DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (24/6/2022). Kunjungan ini dipimpin Sudewo, salah satu anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Gerindra.

Dalam kesempatan itu, Sudewo menyampaikan bahwa sejumlah usulan pembangunan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni akan segera direalisasikan. Di antaranya adalah pembangunan jalan provinsi tiga ruas segera terealisasi.

Yakni, jalan Semarang-Godong-Purwodadi, Purwodadi-Wirosari-Blora, dan Surakarta-Gemolong-Purwodadi. Ketiganya akan dibangun dengan biaya APBN dan saat ini dalam tahap persiapan lelang.

Baca juga: Anggaran 420 Miliar untuk Perbaikan Jalan Rusak di Grobogan Ternyata Masih Kurang, Ini Alasannya

”Meskipun statusnya jalan provinsi, tapi jalan-jalan tersebut bila dilihat fungsinya tidak ada bedanya dengan jalan nasional. Karena tidak ada pembatasan kendaraan yang lewat,” tutur Sudewo di Pendapa Kabupaten Grobogan.

Selain infrastruktur jalan, ada pembangunan lainnya yang akan didanai dengan anggaran APBN. Antara lain, penataan Api Abadi Mrapen, kompleks makam Ki Ageng Selo, Bledug Kuwu, serta sodetan sungai Satriyan di Kecamatan Brati.

”Jadi penyebab terjadinya banjir dan gagal panen (karena meluapnya sungai Satriyan, red) akan kami perhatikan. Kita bahas sama-sama dengan Kementrian PUPR melalui rapat kerja maupaun rapat dengar pendapat (RDP),” papar Sudewo.

Sudewo menambahkan, pembangunan infrastruktur tersebut ada yang sudah dalam pelaksanaan dan ada yang masih dalam perencanaan. Untuk jalan Purwodadi-Wirosari-Blora sepanjang 13,9 kilometer, kini perbaikannya sedang dilakukan.

”Ada beberapa yang sudah tindaklanjut, misalnya Jalan Purwodadi-Blora sudah dilakukan perbaikan sepanjang 13,9 kilometer tahun ini. kemudian akan dilanjutkan 2023, sembari berproses mengubah status dari jalan provinsi menjadi jalan nasional,” kata dia.

Dalam kunjungan kerja spesifik tersebut, turut dihadiri oleh pimpinan instansi terkait yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur yang diusulkan. Selain itu, forkompimda dan sejumlah kepala OPD Kabupaten Grobogan juga turut hadir.

 

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...