Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Silpa Pati 2021 Capai 202,6 Miliar, Dewan: Gunakan untuk Perbaikan Jalan

Silpa Pati 2021 Capai 202,6 Miliar, Dewan: Gunakan untuk Perbaikan Jalan
Bupati Pati Haryanto dan Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin mendatangani Persetujuan Pelaksanaan APBD tahun 2021. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menyetujui laporan pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD 2021 pada Rapat Paripurna, Jumat (24/6/2022). Namun sisa lebih penghitungan anggaran (Silpa) pada tahun 2021 mencapai Rp 202,6 miliar.

Ali Badrudin, Ketua DPRD Pati mengungkapkan, sebelumnya DPRD Pati telah mencermati dan mengevaluasi LPJ kinerja pemerintah eksekutif sepanjang tahun 2021.

Pihaknya memberikan catatan kepada Pemerintah Kabupaten Pati agar berjalannya pemerintah nanti semakin baik, terutama untuk menggunakan silpa yang tidak terserap pada 2021 itu. Mengingat, angka Rp 202,6 miliar itu juga tergolong besar.

”(Rekomendasi) seperti jalan yang perlu diperbaiki. Penggunaan Silpa yang meningkat maupun tidak mengikat. Cabang olahraga yang mendapatkan anggaran yang lumayan diharapkan memperoleh prestasi yang setara,” tutur dia.

Adapun rekomendasi yang disampaikan Ali dalam paripurna tersebut ialah hasil dari aspirasi masyarakat yang didapat oleh anggota dewan saat reses maupun beberapa sidak dan kunjungan.

Baca: Puluhan Desa di Pati Belum Cairkan Dana Desa Tahap Tiga

”Dengan catatan (ini) untuk kinerja Pemkab ke depan yaitu pejabat yang meneruskan. Dan rekomendasi-rekomendasi DPRD yang dibahas. Harapan kami juga ditindaklanjuti oleh eksekutif karena kami meyakini ini adalah demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati,” jelas Ali.

Dalam acara yang berlangsung di ruang Rapat paripurna DPRD Pati itu, Bupati Haryanto dan Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin menandatangani LPJ pelaksanaan  APBD Kabupaten Pati tahun 2021.

Penandatanganan juga disaksikan oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) strategis di Pati.

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...