Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dishub Kudus Belum Akan Tambah Titik Parkir Khusus

Parkir di Mal Ramayana Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah saat ini memiliki enam titik parkir khusus. Pihak Dishub belum berencana menambah titik lagi tahun ini.

Sebanyak enam titik parkir khusus ada di Kota Kretek. Titik parkir khusus tersebut berada di Mal Ramayana Kudus, Terminal Bakalan Krapyak, Pangkalan Truk Klaling, Pangkalan Truk Jati Wetan, Balai Jagong, dan eks Mal Matahari (area Pasar Bitingan Kudus).

Kepala UPTD Parkir dan Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus Wahyudi Eko Wuryanto menyebut, enam titik tersebut sudah maksimal. Menurutnya, titik lain sudah dikelola oleh masing-masing dinas.

”Lokasi lainnya sudah dikelola oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red) masing-masing. Seperti pasar di Kudus sudah dikelola Dinas Perdagangan. Kemudian di tempat-tempat wisata sudah ditangani Disbudpar,” katanya, Jumat (24/6/2022).

Baca: Dari Enam Parkir Khusus Ini Pemkab Kudus Targetkan Rp 818 Juta

Lebih lanjut, enam titik parkir khusus sejauh ini masih dapat dimanfaatkan untuk memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dia mencontohkan salah satu titik parkir khusus seperti Mal Ramayana dalam sebulan rata-rata setidaknya mampu meraup Rp 18 juta dari parkir khusus pengunjung mal

Oleh sebab itu, dia memilih untuk mengoptimalkan keberadaan titik parkir khusus yang sudah ada. Pihaknya tetap optimistis dapat mencapai target parkir khusus.

Diketahui, per 13 Juni 2022 ketercapaian parkir khusus sebesar Rp 394.799.000 atau 48,25 persen.

Tarif parkir khusus kendaraan sepeda motor sebesar Rp 2 ribu. Sedangkan tarif parkir mobil Rp 3 ribu. Besaran tarif parkir khusus itu sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Parkir Khusus.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...